Pengertian Motor STNK Atau BPKB Only

Advertisement
Tips jual beli motor - mungkin kalian pernah mendengar istilah didalam jual beli motor yang sering dishare melalui berbagai sosial media serta forum forum otomotif yakni motor yang dijual STNK only atau motor yang dijual BPKB only. Lalu apa sih sebenarnya arti dari motor STNK only atau BPKB only ini ?

Dan kenapa rata rata motor atau mobil yang dijual hanya dengan STNK only atau BPKB only harganya sangat miring sekali padahal untuk mengurus STNK atau BPKB yang konon katanya hilang tersebut mungkin hanya sekitar 500 ribu sampai 1 jutaan saja. Untuk menjawab rasa penasaran kalian mengenai motor yang dijual dengan informasi diatas, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit mengenai ulasan apa itu motor STNK only / motor BPKB only dibawah ini.

#Pengertian motor STNK only

Arti dari motor yang dijual dengan informasi STNK only ialah sebuah unit kendaraan bermotor yang dijual HANYA dilengkapo dengan sebuah STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan ) dari unit kendaraan yang dijual, tentu saja tidak dilengkapi dokumen lain seperti faktur pembelian, buku servis/garansi dan juga tanpa dilengkapi dengan Surat Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor ( BPKB ).

#Pengertian motor BPKB only

Untuk pengertian dari motor yang dijual BPKB only sama halnya dengan yang STNK only, motor yang dijual secara BPKB only adalah penjualan unit kendaraan bermotor yang HANYA dilengkapi dengan BPKB saja, tanpa dilengkapi dengan dokumen lainnya seperti bukti faktur pembelian, buku servis / garansi daj STNK.

Apakah aman membeli mobil atau motor hanya STNK / BPKB only.

Untuk tingkat keamanan dari membeli unit kendaraan yang hanya dibekali oleh STNK atau BPKB saja tanpa surat kelengkapan lainnya tentu saja sangat beresiko sekalo bagi si pembelinya, kenapa demikian ? Karena STNK atau BPKB saja tidak dapat menguatkan bahwa anda adalah pemilik sah dari kendaraan tersebut, bisa jadi itu adalah kendaraan hasil curian yang telah dipalsukan STNK atau BPKB nya. Bila apes, anda malah akan dituduh sebagai penadah barang curian ini.

Bagaimana bila mobil atau motor tersebut memang hasil sitaan dari pihak leasing ?

Saya ingatkan kembali bahwa tidak ada leasing atau perusahaan pembiayaan yang menjual unit kendaraan tanpa dokumen lengkap. Biasanya jika pihak leasing ingin menjual unit yang disengketakan, mereka akan melakukan lelang terlebih dahulu dan tentu saja sebelum proses lelang, pihak leasing akan meminta dokumen kendaan kepada para nasabah yang kreditnya macet sesuai dengan persetujuan yang telah tertulis di surat kontrak. Setelah kendaraan laku dijual, hasil penjualan tersebut akan dihitung untuk melunasi tunggakan cicilan, dan bila masih ada uang sisa maka akan dikembalikan kepada nasabah yang bersangkutan.
Baca juga : Maksud STNK bantuan untuk motor moge

Bagaimana bila motor / mobil yang dijual STNK only atau BPkB only bukan barang curian dikarenakan salah satu dari surat berharga tersebut hilang ?

Berkali kali saya kembali mengingatkan bahwa membeli kendaraan yang tidak dilengkapi dengan surat surat resmi sangat beresiko bagi anda kelak dikemudian hari dan sebaiknya dihindari. Bila kalian memang kepincut dengan kendaraan tersebut, alangkah baiknya jika anda meminta si penjual untuk menguruskan surat surat yang hilang terlebih dahulu, jika si penjual setuju tentu saja aman. Namun bila si penjual menolak, sebaiknya mencari di tempat lain toh masih banyak penjual motor atau mobil kan :).

Bagaimana dengan motor yang dijual STNK Only/ BPKB only dengan harga miring seperti di facebook ?

Hmmmm untuk yang satu ini memang sangat sangat menggiurkan sekali, coba bayangkan sebuah unit motor sekelas NINJA 250 cc atau motor YAMAHA R25 yang harga bekas dipasaran masih menyentuh angka diatas 40 juta dan dijual seharga 9 juta sampai dengan 15 juta ? Saya pun juga ingin beli loh,tapi tunggu dulu, banyak kasus kasus penipuan yang berkedok penjualan motor BPKB only / STNK only yang sudah memakan banyak korban.

Modus operandinya biasanya si calon korban yang tertarik diminta untuk SMS/ Whatshap atau menginvite PIN BBM mereka dan kemudian proses negosiasi dilakukan melalui media tersebut. Dan dalam prosesnya si calon pembeli diminta untuk mentransfer sejumlah uang yang akan digunakan sebagai tanda jadi. Rasa rasanya seperti cara penipuan mama minta pulsa ya namun dengan skala kerugian yang jauh lebih besar dibandingkan modus mama minta pulsa ^_^.
Baca juga : Pengertian motor selendangan atau STNK selendangan
Walaupun begitu memang diluar sana masih banyak orang orang jujur yang memang menjual unit kendaraan mereka tanpa kedua dokumen penting yakni BPKB atau STNK yang dikarenakan hilang atau masih digadaikan tanpa harus memiringkan harga jual. Intinya adalah resiko ditanggung oleh penumpang, bila kalian berani menanggung resiko untuk membeli kendaraan seperti diatas ya monggo diambil :). Itulah sedikit tulisan mengenai motor BPKB only dan motor STNK only, semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.

Pengertian Motor STNK Atau BPKB Only

Anda bisa juga mencari artikel ini dengan pencarian seperti dibawah ini
  1. Arti motor non STNK
  2. Arti motor non BPKB
  3. Pengertian motor hanya STNK
  4. Pengertian motor hanya BPKB
  5. Beli motor STNK only
  6. Beli motor BPKB only

Subscribe to receive free email updates: