Home » » Pertanyaan Seputar Coating Mobil Yang Sebaiknya Anda Tahu

Pertanyaan Seputar Coating Mobil Yang Sebaiknya Anda Tahu

Advertisement
Car paint protection - memang beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh jasa coating mobil ini sangatlah menggiurkan, betapa tidak dengan hanya melakukan pelapisan dengan menggunakan bahan khusus pada permukaan cat, maka proses perawatan mobil khususnya eksterior setelahnya akan dirasa sangat mudah dan membantu.

Seperti salah satunya adalah dapat menghindarkan mobil yang telah diberi perlindungan paint protection dari gangguan jamur, mobil menjadi dapat dengan mudah untuk dicuci hanya menggunakan air dan sabun cuci mobil, dapat membuat cat yang telah dilapisi menjadi anti baret dan lain sebagainya. Namun demikian tidak serta merta para pemilik mobil ini langsung tertarik untuk melakukan coating mobilnya, mereka tentunya juga menanyakan berapa hal yang berkaitan dengan apa yang telah ditawarkan oleh jasa coating laminating mobil tadi. Nah dibawah ini adalah beberapa hal yang sering ditanyakan dan sebaiknya anda ketahui.

coating mobil



1. Apakah setelah di berikan coating mobil bisa menjadi anti gores ?

Melakukan coating pada permukaan cat mobil sama halnya dengan memberikan lapisan ekstra layer diatas permukaan cat mobil original agar dapat mengurangi resiko cacat atau rusak akibat tergores benda ringan, misalnya kancing baju, cincin, dan lain sebagainya.
Jadi anti gores ini bukanlah benar benar tahan terhadap goresan layaknya layar ponsel gorilla glass ya. Hanya saja mengurangi kapasitasnyas saja.

Baca juga : Tips belajar detailing mobil untuk pemula

2. Apakah setelah dicoating mobil menjadi tahan terhadap serangan jamur ?

Lapisan coating mampu memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap jamur yang biasanya tumbuh disebabkan adanya air yang menggenang atau adanya getah pohon yang terjatuh dan mengenai permukaan cat. Karena coating mobil ini memiliki efek daun talas / pelicin, yakni jika terkena jatuhan air, maka air akan langsung tergelincir turun dan sulit menempel pada cat, sehingga proses tumbuhnya jamur pada permukaan cat / kaca mobil bisa diminimalisir.
Sebagus apapun merk produk coating mobil bila kita acuh dalam hal perawatan mobil setelah dicoating, maka hasilnya mobil akan tetap terkena jamur. Ingat bahwa coating ini tidak bisa membersihkan permukaan mobil dengan sendirinya, tetapi hanya membantu anda nantinya dalam melakukan perawatan seperti contohnya kotoran, lumpur atau debu tidak akan melekat kuat dipermukaan cat, sehingga anda dapat dengan mudah membersihkan kotoran tersebut dengan mencuci mobil.

3. Coating sangat bagus sekali, namun mengapa dari pabrik mobil tidak diberikan pelapisan coating ?

Mengingat produsen menjual produk mobil mereka agar terjangkau oleh kantong pembeli, maka pengaplikasian coating ini tidak dilakukan sebab dapat membebani calon pembeli nantinya sehingga pelapisan coating ini hanya dijadikan kebutuhan opsional dan tidak dilakukan secara default. Bayangkan saja bila anda ingin membeli mobil baru, kemudian ada beban coating lagi yang harganya diatas 5 juta rupiah, apakah masih mau beli ?

4. Apakah ada perbedaan antara produk coating yang satu dengan yang lain ?

Untuk mengetahui perbedaannya tentu saja kalian harus menanyakan langsung kepada penyedia jasa coating nano ceramic yang kalian pilih, sebab setiap produk coating memiliki keunggulannya sendiri sendiri baik dari fitur yang ada dan juga yang tidak kalah penting adalah harganya. Yah bisa dibilang mirip merk HP/ponsel.

5. Apakah bisa melakuan coating sendiri ?

Tentu saja anda bisa melakukan proses coating ini sendiri dirumah bila anda tahu cara atau prosesnya. Untuk melakukan coating ini, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memoles kendaraan / detailing terlebih dahulu, termasuk juga mengangkat debu atau kotoran yang ada diberbagai panel dan sudut mobil, setelah itu barulah bisa dilakukan proses pelapisan coating. Nah daripada anda diribetkan dengan segala macam hal ini, alangkah lebih baiknya kalian menyerahkan kepada sang ahlinya saja.

6. Kapan sebaiknya melakukan coating pada mobil ?

Untuk terbaiknya adalah ketika anda baru membeli mobil, saat itu jugalah sebaiknya dilakukan coating sehingga lapisan pelindung cat ini dapat melindungi kilau mobil anda dari awal membeli mobil sampai seterusnya. Dan tentu saja dengan begini mobil kalian akan senantiasa terlihat baru setiap harinya.

Baca juga : Tips perawatan mobil setelah dicoating

7. Kenapa biaya coating sangat mahal ?

Sebenarnya mahal dan tidaknya sebenarnya relatif, tergantung bagaimana cara anda memandangnya. Karena nyatanya pengerjaan seperti ini untuk beberapa orang menganggapnya sebagai sebuah seni dan mereka tidak pernah menganggap uang sebesar itu sebagai suatu masalah. Bila berminat ya silahkan dilakukan, namun bila anda rasa sangat mahal ya tidak usah dilakukan :). Ingat bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan mobil memanglah mahal bukan :)

8. Seberapa lama daya tahan coating mobil ini ?

Untuk masalah daya tahan suatu produk coating mobil ini tergantung dengan merk yang kalian pakai serta bagaimana cara anda merawat mobil setelah dilakukan coating. Biasanya rata rata produk ini minimal bertahan selama kurang lebih 3 tahun, bahkan beberapa diantaranya mengklaim produk mereka bertahan selamanya.

9. Apakah setelah dicoating perlu dilakukan maintenance ?

Hal ini tergantung juga dengan produk coating yang kalian gunakan. Beberapa diantaranya melakukan pelapisan layer coating ini dalam beberapa lapis, ada yang hanya 1 lapis, 2 lapis dan seterusnya. Dan biasanya untuk lapisan pertama menggunakan layer lebih keras dan diklaim mampu bertahan selamanya dan hanya bisa hilang jika kalian mengeroknya. Untuk lapisan kedua biasanya menggunakan layer berbahan lebih soft dan dapat luntur seiring berlalunya waktu, misalnya 2 atau 3 tahun kedepan. Dan maintenance ini perlu dilakukan setidaknya setiap setahun sekali guna melihat apakah lapisan layer kedua ini sudah luntur ataukah tidak.

glass coating


Baca juga : Lihat begini cara kerja nano ceramic coating

Nah itulah tadi beberapa pertanyaan yang sering diajukan seseorang sebelum melakukan coating mobil. Bagi kalian yang juga memiliki pertanyaan serupa semoga dapat terjawab dengan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan.


Advertisement

Advertisement