Pengertian Coating Mobil Dan Manfaat coating mobil

Advertisement
Mengenal coating mobil - akhir akhir ini sangat marak diperbincangkan mengenai masalah coating yang menjadi trending topik di beberapa majalah otomotif. Lalu sebenarnya apasih yang dimaksud dengan istiah coating mobil tersebut ? serta manfaat apa saja yang bisa kita peroleh dari melakukan coating pada mobil ?

Sedikit ulasan mengenai apa itu coating mobil adalah suatu pekerjaan khusus dari auto detailing dimana memberikan sebuah lapisan coating pada permukaan cat mobil sehingga dengan adanya tambahan lapisan coating ini akan membuat tampilan mobil anda selalu kinclong, terlihat tidak kusam dan sejuk dipandang serta mempermudah kita tentunya dalah hal perawatan eksterior mobil. Dari bahannya sendiri pun masih terbagi menjadi beberapa jenis dilihat dari jenis coating dan juga seberapa tebal lapisan coating yang dilapiskan ke permukaan cat.

Coating Mobil Dan Manfaatnya


Adapun kelebihan dari melakukan coating pada permukaan cat mobil kita diantaranya adalah sebagai berikut :

Manfaat Melakukan Coating Pada Mobil


1. Water repellent

Seperti yang kita tahu semua bahwa musuh paling utama selain kotoran adalah air, tetesan dari air yang jatuh serta berdiam lama diatas permukaan cat akan menimbulkan noda kerak kalsium dan juga munculnya jamur, dan bila hal ini dibiarkan maka lama kelamaan noda noda tersebut akan sulit untuk dibersihkan. Biasanya jika mobil sudah terkena jamur baik itu jamur cat maupun jamur kaca, maka jalan satu satunya adalah dilakukan poles untuk menghilangkan jamur jamur tersebut karena hanya dengan mencuci menggunakan sabun tidak akan mampu memusnahkan jamur yang menempel di permukaan kaca ataupun cat.

Baca juga : Belajar detailing  mobil untuk tingkat pemula

Nah dengan kita memberikan lapisan coating ini maka cat serta finishing clear pada mobil akan terlindungi, sebab lapisan coating ini memiliki efek water repellent yang lebih baik dibandingkan dengan mobil yang tidak dicoating. Water repellent ini seperti halnya permukaan daun talas yang masih muda, jika terkena air atau kotoran maka tidak akan mudah menempel dan akan langsung tergelincir. dengan adanya lapisan coating inilah kesempatan kerak air serta jamur melekat pada permukaan cat dapat diminimalisir.

2. Scratch resistance / daya tahan gores lebih terjaga

Untuk yang satu ini tergantung seberapa tebal lapisan coating yang dilapiskan ke mobil anda. Semakin tebal lapisan coating yang diberikan, maka daya tahan mobil terutama cat dari goresan menjadi dapat diminimalisir. Namun hal ini tidak serta merta membuat mobil yang sudah dicoating menjadi tahan gores ya, hanya meminimalisir saja.

3. Anti UV

Selain membuat kusam wajah anda, sinar Ultra Violet juga tidak baik terhadap permukaan cat dan bisa mengakibatkan warna car menjadi memudar dan kusam bila keseringan terpapar sinar ultra violet atau UV. Dengan memberikan lapisan coating ini mampu melindungi mobil dan meminimalisir pudarnya car mobil akibat terpapar sinar ultra violet.

4. Kilap mobil tahan lama

Biasanya salah satu produk auto detailing yang bisa memberikan efek kilap pada permukaan cat adalah WAX setelah proses pencucian ataupun setelah mobil dipoles. Coating mobil ini juga memiliki kelebihan layaknya WAX yakni bisa memberikan efek kilap pada permukaan cat mobil, namun perbedaannya adalah jika wax hanya mampu bertahan selama 1 bulan, untuk coating ini bisa bertahan minimal 3 tahun untuk yang biasa dan bahkan ada beberapa produk yang memberikan garansi kilap selamanya yakni coating ceramic.

Berapa harga coating mobil ?

Untuk harga coating ini berbeda beda antara produk satu dengan lainnya atau antara salon mobil yang satu dengan yang lainnya. Namun untuk harga rata rata paling murah ada dikisaran 2.5 jta sampai 5 juta untuk sekali pengerjaan. Semakin bagus kualitasnya maka harganya tentu saja semakin mahal.

#Catatan perihal coating mobil

Walaupun mobil kalian sudah dilapisi dengan coating kalian pun harus tetap rajin merawatnya seperti biasanya, jangan hanya gara gara anda sudah melakukan coating terus membiarkan mobil begitu saja. Sebaik dan sebagus apapun merk coating yang kalian pakai, bila terkena air dan kotoran jika tidak dibersihkan / dicuci tetap akan membuat jamur tumbuh subur.

Coating Mobil Dan Manfaatnya

Adapun kelebihan dari kendaraan yang telah dilapisi coating ini adalah mempermudah kita dalam melakukan perawatan, terutama kemudahan kita dalam hal membersihkan kotoran yang menempel, cukup mencucinya menggunakan samphoo khusus mobil, mobil kalian akan nampak senantiasa baru, mengkilap tanpa harus melakukan wax lagi. Sangat menarik bukan ?

Nah demikianlah ulasan singkat mengenai apa itu coating mobil serta manfaat coating mobil. Untuk cara kerja dari coating mobil bisa dilihat di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan artikelnya.

Untuk membaca artikel lain seputar coating mobil silahkan pilih daftarnya dibawah ini.






Subscribe to receive free email updates: