Home » » Jangan Tergiur Hal Ini Ketika Beli Mobil Bekas Agar Tidak Kecewa

Jangan Tergiur Hal Ini Ketika Beli Mobil Bekas Agar Tidak Kecewa

Advertisement
Mobil bekas kondisi kualitas bagus - memiliki sebuah mobil pribadi saat ini seakan akan seperti kebutuhan utama saja, sebab dengan memiliki mobil selain kita lebih nyaman saat berkendara di jalanan juga membuat usaha atau bisnis yang kita kelola menjadi lebih maju lagi berkat adanya si kereta besi ini.

Namun karena harga mobil baru kian tahun terasa kiat naik sehingga membuat para calon pembeli mengurungkan untuk membeli mobil baru dan lebih memilih membeli mobil second atau bekas dengan harapan mendapatkan kualitas yang bagus. Namun terkadang banyak sekali calon pembeli mobkas alias mobil bekas yang mudah tertipu akibat iming iming yang menggiurkan dari penjual mobil yang nakal.

mobil bekas


Untuk itu sebaiknya anda tidak mudah tergiur dan harus lebih jeli dalam membeli mobil bekas agar tidak kecewa dikemudian hari, pasalnya biaya perbaikan mobil yang rusak justru akan memakan dana yang banyak bila anda tidak teliti sebelum membeli. Dan beberapa hal dibawah inilah yang sering kali membuat calon pembeli tergiur dan sebaiknya dihindari.


Baca juga : Fungsi dari lubang yang ada didalam rem cakram


Odometer masih rendah

Pertama kali yang sering dilihat orang sebagai rujukan dalam membeli mobil biasanya adalah dengan melihat odometer kendaraan, apakah masih rendah atau sudah mencapai jarak tempuh yang tinggi. Dan biasanya kilometer odometer yang rendah dihubungkan dengan mobil yang jarang dipakai. Sebaiknya anda jangan mudah tergiur melihat mobil dengan jarak tempuh rendah sebab odometer baik yang model analog ataupun yang sudah digital bisa dengan mudah diakali. Berbagai alat yang berfungsi untuk menurunkan angka di speedometer pun sudah banyak dijual dipasaran, dan trik menurunkan angka speedometer ini biasa dilakukan oleh pedagang yang curang untuk memperoleh keuntungan berlipat disini.

Agar tidak tertipu dengan penjual nakal seperti ini anda bisa memastikannya dengan kesepakatan penjual untuk membawa ke dealer servis resmi, sebab disana anda akan mengetahui semua history servis mobil tersebut termasuk sudah berapa jauh mobil tersebut menempuh jarak ( kecuali mobil jarang servis di bengkel resmi ).


Suara mesin halus

Dan yang terakhir yang biasa diunggulkan oleh beberapa penjual mobil yang nakal adalah dengan memberi iming iming suara mesin yang bagus dan mulus sehingga calon pembeli langsung tertarik dan segera ingin meminang mobil bekas tersebut. Tapi tunggu dulu, kondisi mesin yang halus pun juga bisa diakali loh. Caranya adalah dengan mengisi oli melebihi kapasitasnya, dengan begitu kecacatan seperti bunyi klep dan lain lain tidak terdengan akibat saking banyaknya oli yang dimasukkan.

Oh iya penulis juga memiliki pengalaman sewaktu bekerja di auto2000 mengenai keluhan pelanggan karena mobilnya tidak bisa lari dengan maksimal. Dan setelah di cek ternyata oli yang ada didalam mesin sebanyak lebih dari 20 liter, padahal normalnya untuk mobil toyota fotruner adalah sekitar 9 liter. Usut punya usut ternyata ia baru membeli mobil tersebut dari salah satu gerai penjual mobkas. Setelah dikuras dan di isi dengan kapasitas standard nya, baru ketahuan bahwa semua klep in ex nya bunyi tek tek dan harus dilakukan turun setengah mesin.

Agar tidak tertipu seperti kejadian ini, cobalah anda minta ijin kepada penjual untuk mengecek oli didalam mesin tersebut melalui stik oli. Atau ands bisa membawa teman yang tahu dengan seluk belum mesin mobil.


Baca juga : Cara tes thermostat apakah sudah rusak

Tampilan mobil yang masih kinclong

Biasanya mengakali speedometer tidak sembarang mobil dilakukan, beberapa penjual curang juga memilih mobil yang bagaimana yang sebaiknya diakali speedometernya dan salah satunya adalah mobil dengan tampilan yang masih kinclong. Jadi pas sekali bukan? Speedometer masih rendah dan body mobil masih terlihat kinclong akan membuat harga jual mobil tersebut mahal. Nah bagi anda yang hendak membeli mobkas juga jangan langsung tergiur melihat tampilan mobil yang bening tersebut, maka dari itu sebaiknya anda harus memastikan kondisi mesinnya juga.

Lalu bagaimana dengan odometer digital? Rupanya saat ini sudah banyak dijual alat yang bisa mengubah penunjuk jarak tempuh tersebut. Alat ini biasanya dihubungkan ke sistem komputer mobil atau panel instrumen.

Tampilan yang cling dan kinclong ini sangatlah mudah dilakukan, jadi bila anda membeli mobil sebaiknya tampilan jadikan urutan terakhir dalam menentukan pilihan.


Baca juga : Ini jawaban misteri knalpot motor ada disebelah kanan


Sebenarnya masih banyak sekali penjual mobil bekas jujur diluar sana, bahkan mereka tidak ragu memberikan informasi mengenai kecacatan mobil yang dijualnya kepada calon pelanggan dengan tujuan calon pelanggan tidak akan kecewa dan tidak merasa ditipu sehingga jualan mereka tetap lancar jaya. Dan kita sebagai calon pembeli juga harus teliti sebelum membeli agar tidak kecewa nantinya dikemudian hari. Nah semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan untuk membantu mereka yang mungkin tahun ini ingin membeli mobil bekas.




Advertisement