Anda ingin Beli Panther Bekas ? Perhatikan hal berikut Sebelum Membeli

Advertisement
Tips beli isuzu panther bekas - memang seluruh produk isuzu seakan memiliki magnet yang sangat kuat bagi pecinta kendaraan khususnya yang bermesin diesel. Selain ketangguhannya telah teruji dijalanan manapun, pecinta atau komunitas dari semua produk panther pun ada dari pecinta panther hingga pecinta truk ataupun ELF minibus nya loh.

Nah mungkin ada sebagian dari pembaca yang berminat atau tertarik untuk membeli mobil diesel nan tangguh ini namun belum memiliki dana yang cukup sehingga memilih untuk membeli mobil bekasnya terkhusus isuzu panther anda pun perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini sebelum benar benar memutuskan akan membelinya.

panther dijual
sumber gambar : otoasia.com


Hal yang harus diperhatikan sebelum beli isuzu panther bekas


1. Periksa surat surat mobil

Pertama kali anda mau membeli kendaraan bermotor apapun yang wajib anda periksa adalah kelengkapan surat suratnya. jangan sampai mobil bodong hasil tindak kriminil anda beli bos, nanti bisa bermasalah dikemudian hari.

2. Cek kondisi body exterior

Mobil yang dijual dalam kondisi bekas tentu saja ada yang memiliki cacat dan ada juga yang masih mulus bagaikan body nya mbak mbak personel JKT48. oleh sebab itu ada baiknya anda mengecek kondisi exterior terlebih dahulu, jika anda setuju dengan adanya cacat tersebut silahkan diambil dan jika tidak monggo cari unit lain saja. Begitu pun dengan bagian kolong mobil, biasanya terdapat banyak karat untuk mobil isuzu bekas ini mulai dari karat yang biasa ( tipis ) hingga korosi parah yang mungkin saja sebentar lagi besinya akan putus dan lain sebagainya.

3. Cek kondisi understeel

Nah kalau yang satu ini adalah wajib hukumnya bagi anda yang hendak membeli mobil bekas alias mobkas. Untuk mobil isuzu panther ini bagian yang sangat sering kali mengalami kerusakan adalah shock absorber yang bocor, bushing pegas daun atau leaf spring yang sudah aus, bushing strut bar dan juga stabilizer yang sobek aus atau bahkan hilang tak berbekas, bushing vulcrum yang telah rusak / sobek, ball joint yang rusak atau imitasi dan lain sebagainya.

rusaknya beberapa bagian understeel selain menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara juga akan menimbulkan suara berisik yang amat sangat mengganggu. Anda bisa deal dengan penjual bahwa harga bisa dipotong guna biaya perbaikan loh. eh iya jangan sampai lupa mengecek kampas rem juga ya bos.

4. Cek kebocoran oli, seal oli dan sebagainya

Untuk kendaraan diesel isuzu panther ini bagian yang sering mengalami kebocoran oli adalah pada bagian bawahnya yakni pada bagian seal oil pan, dan lain sebagainya. Untuk melihat atau mengeceknya silahkan anda sempatkan diri melongok ke bagian bawah kolong mobil. Kenapa harus sampai kritis begini ? karena biaya perbaikan kebocoran ini sekaligus ganti part nya juga lumayan menguras kantong. Kebocoran oli juga terjadi pada bagian mesin dan juga bagian gearbox.

5. Cek kinerja engine

Jangan lupa juga untuk mengecek bagian terpenting dari sebuah kendaraan yakni mesinnya. Untuk mengeceknya anda bisa meminta penjual untuk menyalakan mesin dan dengarkan apakah suaranya berisik ataukah normal. Anda tentu harus tahu bedanya antara berisiknya mesin diesel yang normal dengan yang abnormal sebab sekilas memang terdengan agak samaan namun beda, untuk itu silahkan anda meminta bantuan teman yang tahu akan kondisi mesin yang bagus.

6. Periksa kondisi mesin turbo

Biasanya bagian ini jarang sekali mengalami kerusakan, namun ada baiknya anda memeriksa komponen yang satu ini sebab jika rusak harga baru dari komponen ini sangatlah mahal sekali.

7. Uji fungsi masing masing komponen mobil

Mengecek fungsi dari masing masing bagian ini juga perlu seperti nyala lampu lampu mobil, fungsi wiper, powersteering, klakson, radiatornya baik atau tidak, perseneling bagus atau oblak atau bahkan bermasalah susah pindah gigi, dan lain sebagainya, anda bisa meminta tes dijalanan atau tes drive dengan penjualnya untuk mengetahui hal ini.

8. Bawalah ke bengkel kepercayaan anda

Jika kalian malas untuk melakukan pengecekan sendiri bisa membawa unit ini sesuai dengan perjanjian dengan penjual tentunya untuk dibawa ke bengkel langganan atau kepercayaan anda guna melakukan pengecekan seluruh bagian mobil, biaya pengecekan sangatlah murah tidak sampai 100 ribu rupiah atau mungkin hanya Rp 50.000 saja.

Lah kok detail banget to om ? iya soalnya saya tempo dulu juga pernah mencicipi ketangguhan dari mobil keluaran isuzu beserta bengkelnya jadi tahu apa saja plus minus dari si raja diesel ini :).

Anda harus benar benar kritis ketika memutuskan memilih membeli mobil bekas isuzu atau apapun mobil bekasnya sebab jika anda hanya tergiur harganya yang murah dan ketika sudah anda beli ada masalah dikemudian hari yang ternyata sangat menghancurkan kantong anda.

Bagaimana menurut kalian ? sangat sayang sekali bukan jika kita membeli mobil isuzu panther yang demikian, sebab harga bekas dari mobil ini masih sangat mahal dan jarang sekali mendapatkan unit panther bekas loh.

Reff gambar
www.otoasia.com

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan suspensi double wishbone yang wajib anda tahu

Demikianlah beberapa panduan beli isuzu panther bekas yang bisa anda jadikan panutan ketika hendak membeli mobil isuzu bekas. Dengan anda mengetahui apa saja kerusakan pada mobil yang akan kalian beli tentu anda bisa negosiasi ulang soal harga bukan ?. mungkin cukup sampai disini dan semoga bermanfaat, silahkan dibantu share.


Subscribe to receive free email updates: