Home » , » Kenapa Kaki Kaki Truk atau Elf Jarang Rusak ?

Kenapa Kaki Kaki Truk atau Elf Jarang Rusak ?

Advertisement
Understeel mobil - Apakah kaki kaki atau understeel mobil besar lebih kuat dari mobil biasa ? Jawabannya adalah iya. Kenapa demikian ?. Jenis dan kontruksi antara keduanya juga dibuat dengan desain dan tujuan yang sangat berbeda sehingga memang wajar jika mobil sekelas isuzu elf, truk, dan sejenisnya lebih awet understeelnya.

jika pada kendaraan pribadi, kontruksi dari kaki kaki khususnya pada bagian depan didesain untuk kenyamanan dalam berkendara, oleh sebab itu susunannya pun sedikit lebih rumit berbeda sekali dengan kendaraan berat. Beberapa komponen yang sering rusak pada mobil pribadi diantaranya adalah ball joint baik upper ataupun lower, tierod dan long tierod, shockabsorber dan lain sebagainya.

isuzu elf


Penyebab kerusakan understeel ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah
  • Seringnya melewati jalanan rusak dengan kencang
  • Sering banting setir kiri dan kanan dengan mendadak
  • Membelok dengan kecepatan tinggi
  • Salahnya sudut geometri roda / jarang di spooring balancing, dan lain sebagainya
Pada sebuah truk susunannya lebih simple sekali yakni hanya terdiri dari king pin, single tie rod dan juga shockabsorber beserta suspensi leaf spring nya tanpa penggunaan upper joint dan lower joint. Dan itupun pada komponen komponen bergeraknya terdapat sebuah lubang khusus yang berfungsi untuk menambah vet/grease/gemuk/stempet sebagai pelumasan. Nah jika anda rutin merawat komponen komponen understeel mobil besar dengan memberikan pelumas maka dijamin akan awet dan tidak mudah rusak.

namun ada beberapa kekurangan pada mobil besar ini karena penggunaan suspensi semacam ini yakni kenyamanan berkendara nya tidak ada sama sekali alias atos.

king pin set


Baca juga : Ball joint rusak ? Jangan diperbaiki agar tidak kejadian seperti ini

Nah apakah anda sudah paham kenapa kendaraan besar sekelas truk, bus ataupun elf ( minibus ) kondisi kaki kakinya jarang sekali rusak ?. Semoga bermanfaat.


Advertisement