Home » , » Fungsi Oil Cooler Pada Mobil Atau Motor

Fungsi Oil Cooler Pada Mobil Atau Motor

Advertisement
Pendingin oli oil cooler - banyak sekali sistem pendinginan yang ada didalam sebuah mobil yakni pendinginan ruang mesin dengan komponennya radiator, pendinginan udara mesin turbo dengan intercolernya, ada juga pendinginan oli yang biasa disebut dengan oil cooler.

Untuk kali ini kami akan membagikan sebuah artikel singkat mengenai fungsi dari oil cooler pada kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat, meskipun pada kendaraan roda dua ini juga ada namun pembahasan kami kali ini akan terfokus pada oil cooler mobil.

oil cooler

Fungsi dari oil cooler

Sesuai dengan penamaannya yakni oil = minyak dan cooler = pendingin / pendinginan, jadi fungsi utama dari komponen ini adalah untuk mendinginkan suhu oli yang mungkin saja terlalu panas sehingga membuat viskositas atau kekentalan dan daya rekat oli terhadap komponen mesin menjadi kurang bagus. Dengan adanya oil cooler ini, suhu dari oli pelumas dapat diatur atau dinormalkan kembali sehingga tidak terjadi overheating pada suhu pelumas.

Cara kerja oil cooler

Sistem pendinginan oli dengan menggunakan oil cooler ini bervariasi tergantung pabrik pembuat mobil tersebut. Biasanya pertama adalah ketika oli dipompa dengan menggunakan oil pump yang kemudian akan dialirkan kedalam oil cooler dan didinginkan dengan menggunakan baik aliran air pada selimut oil cooler ataupun dengan angin, selanjutnya oli yang telah didinginkan ini dialirkan menuju oil filter, selanjutnya dari oil filter akan dialirkan ke seluruh komponen mesin bergerak, dan terakhir kesemua oli tersebut akan jatuh kedalam oil pan.


Pengaplikasian oil cooler pada mobil

Untuk kendaraan modern saat ini sudah meninggalkan komponen yang satu ini karena saat ini oli atau pelumas yang beredar dipasaran dibuat dengan sedemikian rupa dimana oli tersebut mampu bertahan pada suhu panas yang tinggi tanpa kehilangan fungsinya, serta mampu bertahan pada suhu minus dibawah nol derajat celcius sehingga ketika suhu menurun drastis oli tidak akan membeku.

Beberapa kendaraan yang masih mempertahankan komponen oil cooler ini salah satunya adalah ISUZU PANTHER dimana mobil ini masih menggunakan teknologi dan desain yang bisa dibilang masih model lama sehingga mempertahankan komponen yang satu ini.

Letak oil cooler pada mobil

Untuk posisi letak dari oil cooler ini pun juga bervariasi, bia berada di bagian depan mesin, di bagian atas mesin maupun di bagian samping mesin. Dan dibawah ini adalah beberapa contoh macam macam bentuk dari Oil cooler.

oil cooler
contoh bentul oil cooler mobil


Baca juga : Pengertian dan fungsi dari turbocharger pada mesin diesel

Nah itulah tadi sedikit pengetahuan fungsi oil cooler, jadi fungsi oil cooler ini tidak sama dengan fungsi intercooler yang memiliki fungsi mendinginkan udara dari mesin turbo loh :). Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin belajar mengenai otomotif. Saya pun saat ini juga masih dalam tahap belajar, sedikit kritik yang membangun akan sangat berguna bagi saya untuk mengembangkan blog tercinta ini.


Advertisement