Cara Ampuh Membersihkan Injektor Motor

Advertisement
Cara bersihkan injektor bahan bakar motor - pada sebuah kendaraan yang telah mengadopsi tehnologi injeksi, keberadaan injektor ini sangatlah penting sekali mengingat fungsi dari injektor adalah menyemprotkan kabut bahan bakar kedalam ruang kompresi yang selanjutnya akan dibakar sehingga menghasilkan tenaga.

Lalu apa jadinya jika sebuah nozzle dari injector tersebut terdapat kerak yang dapat mengganggu proses kinerjanya. Alhasil semprotan bahan bakar menjadi tersendat yang dapat mengakibatkan mesin menjadi hilang tarikan, mbrebet dan bahkan bisa tidak dapat hidup yang dikarenakan adanya kebuntuan total pada nozzle injektor ini.

injector motor


Oleh sebab itu sebaiknya rajin rajinlah melakukan perawatan komponen injektor ini. Karena lokasi dari injektor ini terdapat didalam mesin sehingga sangat susah untuk di lepas dan dibersihkan secara manual, bahkan sangat tidak disarankan melepas injektor dari dudukannya. Dan cara terbaik untuk membersihkan injektor dari sisa kerak bahan bakar yang menempel anda dapat melakukan cara cara dibawah ini.

Bersihkan injektor dengan Carbon Cleaner

Banyak sekali produk produk pembersih injektor instan yang bisa anda peroleh dengan harga yang sangat ekonomis guna membersihkan injektor daari kotoran atau kerak yang salah satunya dengan menggunakan carbon cleaner. Carbon cleaner adalah cairan kimia khusus yang cara pengaplikasiannya dengan mencampurkan kedalam tangki bahan bakar.

Bersihkan injektor dengan metode infus ( flashing )

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk membersihkan injektor ini adalah dengan jalan di infus. Bahan yang diperlukan juga sama yakni carbon cleaner namun cairan kimia ini tidak langsung dimasukkan kedalam tangki, melainkan diletakkan kedalam botol yang mirip dengan sebuah infus, kemudian dimasukkan kedalam selang intake. Motor di starter dan digeber dengan durasi tertentu. Cara ini pun telah banyak ditawarkan oleh beberapa bengkel servis resmi.

Bersihkan injektor dengan ultrasonic cleaner

Bila ternyata mesin motor anda mbrebet dan diketahui nozzle dari injektor telah buntu atau tersumbat, salah satu jalan terakhir adalah harus dibersihkan secara manual yakni mencopot injektor dari dudukannya oleh tenaga ahli. Kemudian memasukkan injektor ini kedalam sebuah alat yang bernama ultrasonic cleaner yang terlebih dahulu digenangi dengan cairan injektor cleaner.

ultrasonic cleaner


Dengan cara ini kotoran yang telah menyumbat injektor akan dibersihkan dengan menggunakan getaran ultrasonik hingga kotoran rontok seluruhnya.


Baca juga : Inilah fungsi dan kegunaan relay

Nah pastikan anda rutin melakukan perawatan pada komponen injektor ini agar problem seperti motor mbrebet, sering mogok, motor hilang tenaga sesaat dapat dihindari. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.


Subscribe to receive free email updates: