Ciri Kampas Kopling Mobil Habis

Advertisement
Ciri kampas kopling habis - kampas kopling adalah salah satu komponen paling penting yang terdapat pada kendaraan bermotor sebab kampas kopling ini berperan sebagai pemutus dan penghubung tenaga putar dari mesin menuju ke sistem roda penggerak.

Bila kampas kopling ini sampai habis tentu akan membuat kendaraan menjadi susah untuk berjalan yang sudah tentu pasti dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros, sebab putaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak dapat diteruskan secara maksimal ke sistem roda penggerak akibat adanya slip kopling.
kampas kopling mobil habis


Di bawah ini adalah beberapa ciri kampas kopling yang mulai habis diantaranya adalah sebagai berikut :


Slip kopling

Slip kopling ini adalah kejadian dimana disc clutch tidak mampu lagi menghubungkan antara putaran mesin menuju transmisi yang diakibatkan jarak antara kedua pelat terlalu lebar sehingga mengakibatkan kampas kopling slip.

Tarikan mobil kurang

Ciri yang paling jelas jika kampas kopling mulai habis adalah tarikan mobil menjadi berkurang / tidak dapat dipakai ngebut atau membalap yang disebabkan karena disc clutch telah aus / habis. Jika kalian mengalami kejadian seperti ini sebaiknya segera mungkin diperiksakan ke bengkel mobil terdekat agar dapat dilakukan penyetelan atau penggantian.
Penasaran ingin mengecek kampas kopling sudah habis atau tidak ? baca artikel sebelumnya mengenai cara mengetahui kampas kopling mobil mulai habis

Rpm mesin menjadi tinggi

Karena kampas kopling telah habis maka rpm mesin pun juga akan naik lebih tinggi dari biasanya. Hal ini disebabkan karena putaran mesin menuju transmisi sudah tidak terlalu terbebani lagi, biasanya dibarengi dengan slip kopling.

Susah memindahkan gigi perseneling

Untuk dapat memindahkan gigi perseneling dibutuhkan kampas kopling yang bagus dan masih bisa bekerja. Keausan kampas kopling akan membuat proses memutus putaran dari mesin ke poros penggerak menjadi tidak bisa maksimal, artinya gigi gear penggerak masih berputar dan hasilnya susah masuk gigi. Bila mengalami kejadian ini sebaiknya segera memeriksakan kendaraan ke bengkel terdekat, jangan dipaksakan sebab dapat berakibat rompalnya gigi / gear transmisi.

Mobil tidak dapat berjalan

Jika kerusakan atau keausan kampas kopling sudah parah dapat menyebabkan hancurnya komponen kampas sehingga putaran dari mesin mobil tidak dapat dihubungkan atau diteruskan menuju transmisi. Hasilnya sudah pasti bisa ditebak, mobil tidak dapat berjalan sama sekali dan solusi satu satunya adalah memanggil mobil derek.

Baca juga : Inilah hal hal yang menyebabkan balljoint mobil cepat rusak

Nah itulah beberapa ciri ciri umum yang menandakan kampas kopling kendaraan sudah mulai habis. Pastikan anda sesegera mungkin melakukan perbaikan pada komponen yang satu ini sebab bila tidak dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah seperti timbulnya cacat pada permukaan freewheel.


Subscribe to receive free email updates: