Inilah Alasan Mengapa Ban Berwarna Hitam

Advertisement
Kenapa ban warnanya hitam? - bagaimana asal usul ban berwarna hitam? kenapa ban tidak berwarna putih padahal karet alami warnanya putih? mungkin itulah sederet pertanyaan bagi anda yang penasaran dengan ban yang kebanyakan berwarna hitam.

Asal usul ban berwarna hitam

Memang benar karet alam warnanya putih dan pada jaman dahulu ban diciptakan ( ban karet pertama kali ditemukan ban oleh carles goodyear ) menggunakan karet alam yang berwarna putih,namun tidak dapat bertahan lama dikarenakan kontur ban lebih mudah meleleh jika terkena sengatan matahari,serta ban yang berwarna putih tersebut terkesan sangat kenyal sehingga kurang nyaman bila dipakai.

ban motor


Kemudian pada sekitar tahun 1900 an sebuah perusahaan yang bernama binney and smith melakukan uji coba penambahan karbon berwarna hitam kedalam campuran bahan sehingga berubahlah karet ban tersebut menjadi berwarna hitam seluruhnya.

Dan setelah dilakukan ujicoba drive ternyata ban yang telah dicampurkan zat karbon hitam ini lebih awet dan tahan lama ketimbang yang tidak dicampuri zat karbon hitam,dan sejak saat itulah seluruh produsen ban didunia ini menggunakan zat karbon hitam ini sebagai bahan additive ( campuran ) untuk membuat ban.

Untuk diketahui ternyata bahan karbon hitam ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap tingkat kekerasan ban,sehingga ban tidak mudah rusak karena bergesekan dengan aspal jalan. Dan zat tersebut juga mampu menyerap sinar ultraviolet dan mengubahnya menjadi energi panas dalam waktu yang cepat sehingga usia pakai serta tingkat kekerasan ban dapat bertahan lebih lama.

Apakah kandungan karbon didalam ban tersebut bisa habis?

Ya,karbon didalam ban tersebut juga bisa habis dengan tanda umum ban yang semula berwarna hitam pekat berubah menjadi warna keabu abuan,dan bila kalian memiliki ban yang warnanya sudah tidak hitam lagi ( berubah menjadi abu abu ) sebaiknya segera diganti.

Meskipun kebanyakan ban saat ini diproduksi berwarna hitam,beberapa perusahaan ban masih tetap memproduksi ban berwarna putih namun tidak banyak,hal ini hanya untuk mensuplai kebutuhan ban berwarna putih yang khusus dipakai untuk kendaraan klasik.

Nah,tahukan kenapa ban warnanya hitam dan bukannya putih,kuning,merah dan sebagainya?
Silahkan artikel ini dibagikan bila menurut anda bermanfaat.

Baca juga Tips jitu agar motor matik menjadi irit bensin , Tips mengemudi yang aman di dalam kota


Subscribe to receive free email updates: