Home » , » Cara Cek Kebocoran Evaporator AC

Cara Cek Kebocoran Evaporator AC

Advertisement
Penyebab AC tidak dingin - banyak sekali yang diantaranya adalah karena gas freon yang berfungsi sebagai penyerap panas tersebut sudah habis sehingga AC mobil pun tidak lagi menjadi dingin. Lalu bagaimana bila ternyata telah di isi freon baru namun AC mobil tetap saja tidak dingin?. Bisa jadi terdapat kebocoran di beberapa bagian seperti selang saluran distribusi atau evaporator AC itu sendiri yang mengalami kebocoran entah cacat bawaan pabrik ataupun karena sebab lain.


Untuk lebih memastikan dimana letak kebocoran anda harus mengurut satu persatu dimulai dari selang selang distribusi. Untuk mengecek apakah selangnya yang bocor bisa dilakukan dengan cara melepas selang,menutup ujung selang yang satu dengan penutup khusus sedangkan pada ujung lainnya kita berikan tekanan angin dan merendam selang tersebut kedalam air. Lalu bagaimana cara untuk mengecek evaporatornya yang bocor?.

Baca juga : Fungsi dari evaporator AC dan cara kerja sistem AC mobil

Caranya sama dengan yang saya jelaskan diatas yakni dengan memberikan tekanan udara kemudian merendam evaporator tersebut kedalam air,biladijumpai gelembung / buih yang keluar berarti evaporator tersebut bocor dan sebaiknya diganti saja. Untuk mengeceknya gunakan pipa saluran yang telah tidak dipakai dan dimodivikasi sedemikian rupa seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Cara Mengecek Kebocoran Evaporator AC


proses pengecekan kebocoran evaporator

pipa lain yang telah dimodivikasi sebagai alat bantu pengecekan

evaporator direndam pada bak berisi air yang sebelumnya telah diberikan tekanan udara

Sebenarnya bisa dilakukan pengeleman menggunakan lem besi untuk menghemat pengeluaran daripada membeli sebuah evaporator baru, namun hal ini tidak dapat bertahan cukup lama dan lem akan terbuka kembali. Bila mobil anda masih dalam kondisi baru sebaiknya anda bawa langsung ke dealer resmi tempat anda membeli mobil tersebut,dealer resmi biasanya memberikan penggantian part garansi ( gratis ).

Apakah mobil anda terasa boros bahan bakar?,jangan lupa juga untuk membaca penyebab mobil boros bahan bakar.


Advertisement

Advertisement