Fungsi Tie Rod Dan Cara Cek Kerusakan

Advertisement
Fungsi Tie Rod pernahkah anda mendengar istilah tie rod namun belum mengetahui bentuk dan fungsi utama dari tie rod,berikut akan saya bagikan artikel mengenai fungsi dan cara mengecek kerusakan Tie Rod.

Fungsi Tie Rod ini memiliki fungsi utama yaitu untuk meneruskan putaran kemudi dari strir yang dihubungkan ke rackgear menuju roda sehingga roda depan pada mobil dapat dibelokkan.
Untuk Tie rod ini sendiri masih dibagi kedalam 2 jenis part yakni tie rod pendek dan tie rod panjang.

Tie rod pendek adalah bagian yang menempel pada ujung dudukan knukle yang dihubungkan dengan sebuah joint. Sedangkan tie rod panjang ini terhubung langsung ke Rack steer.

fungsi tie rod


Apa yang terjadi Tie Rod rusak
Bila komponen ini rusak adalah bila mobil dikendarai di jalanan jelek yang bergelombang stir terasa getar,timbul bunyi bunyian yang menganggu di bagian bawah ( understeel ),adanya freeplay di bagian steer sehingga terkadang stir susah sikendalikan,menyebabkan ban aus bergelombang karena gerakan roda keluar masuk akibat oblaknya tierod ini.

Cara Memeriksa Kerusakan Tie Rod
Untuk memeriksa kerusakan dari Tie Rod anda bisa mendongkrak ban depan mobil,kemudian mintalah seorang teman anda untuk menggoyangkan roda ke kiri dan kekanan sedangkan anda memegang batang tie rod. Bila terasa oblak berarti tie rod telah mengalami kerusakan dan sebaiknya harus anda ganti.

Pada mobil Toyota Kijang Innova memiliki tingkat kerusakan paling banyak ketimbang mobil sedan atau mobil sejenis yang menggunakan suspensi Mc.person.

Penggantian Tie Rod
Sebaiknya anda hanya mengganti di bengkel resmi karena selain part yang diberikan adalah ASLI,anda juga mendapatkan Warranti. Walaupun harga di dealer resmi lebih mahal, Part asli memiliki usia pakai yang lebih lama ketimbang suku jadang Non Original yang biasa di beli di toko penyedia suku cadang.




Subscribe to receive free email updates: