tips merawat aki mobil

Advertisement
Tips Merawat Aki - accumulator atau yang biasa disebut dengan AKI adalah salah satu komponen penting yang terdapat di kendaraan bermotor termasuk pada mobil.tanpa AKI anda akan kesulitan untuk menstarter kendaraan anda.namun masih banyak para pemilik mobil pribadi yang tidak tahu atau bahkan tidak mau tahu dengan kondisi AKI mobil mereka dan terkadang bila ada kerusakan justru menyalahkan pihak bengkel yang katanya kurang memperhatikan ketika mereka servis,padahal bengkel selalu mengutamakan hal ini.

salah satu fungsi penting dari sebuah AKI adalah sebagai sumber tenaga ketika anda akan menghidupkan mobil ( starter ).
sebagai penyedia arus listrik pada accesoris mobil,radio,gps,soudsystem dll.
penstabil tegangan listrik dari alternator sehingga tidak menyebabkan arus pendek.

selain dari bengkel tempat anda servis berkala,hendaknya anda juga harus memperhatikan kondisi/komponen mobil milik anda.

merawat aki
by : indonetwork.co.id

berikut tips mudah yang dapat anda gunakan untuk merawat AKI mobil agar tidak cepat rusak.

  • mematikan semua komponen yang membutuhkan listrik ketika anda hendak mematikan mobil seperti lampu fog lamp,mp3,AC mobil,radio tape dan lain lain.
  • memeriksa secara rutin ketinggian air AKI paling tidak 2 minggu sekali.bila turun volumenya anda bisa menambahkan air mineral,namun bila banyak berkurang sebaiknya anda tambahkan air ZUUR.
  • memeriksa kondisi kepala terminal AKI.kencangkan baut baut yang kendor.bila terlihat ada kerak/jamur silahkan anda bersihkan dengan cara menuangkan air panas pada terminal AKI dan menggosoknya dengan sikat gigi/sikat baja bila ada.
  • bila anda jarang memakai mobil,misal anda hanya menggunakan hanya 3 bulan sekali.anda bisa melepaskan kutub negatif AKI dimaksudkan supaya muatan listrik tidak cepat habis.( di dalam beberapa mobil hal ini tidak disarankan karena dapat menyebabkan ECU pada mobil menjadi blank,misal toyota YARIS bila kutub aki dilepas,ketika dipasang dan di starter mesin akan pincang ).
  • dan yang terakhir dan wajib adalah anda rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi tempat anda membeli mobil.jangan servis mobil toyota di bengkel FORD dan sebaliknya ya.:)
berikut hal hal yang harus diperhatikan bila anda melakukan perawatan AKI mobil sendiri.
  • jangan merokok,menyalakan api disekitar AKI,karena aki mengandung senyawa hidrogen yang dapat dengan mudah meledak/terbakar.
  • saat anda melakukan perawatan jangan sampai anak kesayangan anda ikut.karena anda tahu sendiri bahwa komponen ini sangat berbahaya bagi anak-anak.
  • sebaiknya menggunakan pelindung mata ( kacamata ) ketika hendak membuka dan menambahkan cairan aki karena uap cairan aki sangat berbahaya untuk mata.
  • berhati-hatilah dengan air zuur,karena larutan ini bila terkena kulit akan terasa gatal bahkan terasa seperti terbakar.bila mata/kulit anda terkena cairan ini sesegera mungkin basuh dengan air bersih dan periksakan ke dokter.
dengan anda rajin dan teliti dalam merawat AKI mobil,anda terhindar dari yang namanya mogok karena tidak bisa starter.:).

Subscribe to receive free email updates: