PENYEBAB BUNYI BAN SAAT BELOK

Advertisement
Ban bunyi saat belok - terkadang ada saja keluhan yang disampaikan oleh para customer yang sedang melakukan servis mobil mereka secara berkala di bengkel resmi. Memang kita wajib untuk menerima apapun yang dikeluhkan oleh para customer,namun kita juga harus tahu apa penyebab dan cara menyampaikan jawaban yang tepat dan logis agar pemilik mobil merasa puas dengan jawaban kita walaupun kenyataannya keluhan mereka tidak teratasi.

salah satu keluhan yang sering dikeluhkan dan mungkin anda sendiri sebagai pemilik mobil juga pernah mengalami masalah berupa bunyi pada ban ketika belok full,baik belok ke kiri maupun kekanan.

toyota all new avanza
toyota all new avanza
sumber dari bunyi tersebut adalah dari kondisi geometri roda depan yang menggunakan suspensi jenis mc person / mcperson, karena suspensi jenis ini berbentuk tegak vertikal dan sebagai sumbu pusat putar yang bilamana steer diputar dalam keadaan full akan menimbulkan bunyi berdecit pada ban seakan akan ban tersebut terseret.

hal ini dikarenakan dalam suspensi jenis ini sudut sudut geometri akan berubah bersamaan saat kondisi belok.berbeda halnya dengan mobil yang menggunakan suspensi jenis double whisbone karena suspensi double whisbone ini bila steer diputar sudut sudutnya tetap konstan.

anda dapat menemui problem ini pada kendaraan yang menggunakan suspensi mcperson diantaranya adalah toyota yaris,vios,sebagian besar avanza,camry dan mobil sedan toyota lainnya.untuk mobil merk lain saya kurang begitu tahu karena memang saya bekerja di toyota :-).
melakukan SPOORING tidak dapat mengatasi keluhan ini secara maksimal.biasanya setelah di spooring pun masih terdapat bunyi ban berdecit.

nah bagi anda yang memiliki keluhan seperti ini harap dapat memakluminya,dan anda jangan khawatir dengan keadaan ini karena suara timbul hanya sementara saja.tidak mungkin juga kan bila mobil melaju dalam keadaan kencang lalu anda belok secara full.:-).walau memang suaranya sangat mengganggu namun begitulah kenyataannya.

Informasi selengkapnya mengenai berbagai penyebab ban bunyi saat dipakai belok kalian bisa membacanya melalui tautan dibawah ini.

Baca juga : Penyebab ban bunyi mencicit saat belok lengkap



Subscribe to receive free email updates: