Home » , » MENGENAL JENIS JENIS SUSPENSI MOBIL

MENGENAL JENIS JENIS SUSPENSI MOBIL

Advertisement
Macam macam jenis suspensi mobil - sungguh tidak nyaman sekali bila anda mengendarai mobil tanpa adanya part yang satu ini yakni suspensi.tanpa suspensi mobil yang kita kendarai pasti rasanya seperti anda sedang naik gerobak. Bahkan kendaraan seperti becak pun memakai suspensi untuk menambah kenyamanan walaupun desain dari suspensi itu sendiri sangat simpel.

Maka jangan heran bila di setiap mobil juga diaplikasikan sistim suspensi dengan berbagai desain yang bervariasi. Beberapa model memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing. Bila anda ingin mengenal lebih jauh mengenai jenis jenis suspensi yang ada pada mobil berikut kami berikan ulasannya secara detail.

1. SUSPENSI MACPHERSON

mcpherson
eurobricks.com
Nama suspensi macpherson diambil dari nama penemunya yakni Earle Macpherson. Suspensi jenis ini adalah suspensi yang paling banyak diaplikasikan oleh sebagian mobil didunia. Dan beberapa alasan yang menyebabkan suspensi jenis ini banyak disukai oleh produsen otomotif adalah harganya yang sangat berjangkau, memiliki komponen yang sangat simple dan yang jelas mudah didapat. Suspensi type ini adalah suspensi berbentuk tegak dengan didukung oleh sebuah peredam kejut yang juga menjadi titik pusat sudut caster pada mobil.kontruksi jenis ini banyak diaplikasikan ke dalam jenis mobil seperti avanza, yaris, vios, corolla, carry dan sebagian besar mobil sedan.

Baca juga : Tips modifikasi avanza xenia agar suspensinya empuk

Kekurangan dari suspensi ini ialah kurang mampunya suspensi dalam menerima beban dan berubahnya sudut kemiringan geometri roda ketika membelok, sehingga ban kurang mampu mencengkeram secara sempurna terhadap aspal jalan. Walaupun demikian banyak mobil mewah yang masih mengaplikasikannya ke produk mereka, misal saja BWM,MARCEDES dll. Untuk mengenal lebih jauh tentang suspensi model ini baca selengkapnya di : Mengenal suspensi Macpherson kelebihan dan kekurangannya



2. SUSPENSI DOUBLE WHISBONE

double whisbone
civicforum.com
Ciri yang menonjol dari kontruksi suspensi jenis ini adalah adanya dua buah lengan ( arm ) yang menopang bagian sistim suspensi itu sendiri yakni lower arm dan upper arm. Dengan desain yang independen seperti itu maka seberapa jauh sudut belokan dan seberapa jauh suspensi ini bergerak maka sudut sudut geometri roda akan tetap konstan/tetap. Kontruksi double whisbone ini banyak diaplikasikan ke dalam kendaraan seperti kijang,innova,fortuner,hilux,isusu,dll.

Kekurangan dari suspensi jenis ini adalah membutuhkan ruang yang lebih besar, dalam pembongkaran pun lebih membutuhkan waktu yang lama bila anda hendak mengganti sockbreker ( peredam kejut ). Dan yang sering terjadi adalah cepat rusaknya part seperti balljoint ( baik atas maupun bawah ), long tie rod, end tierod. Untuk mengurangi resiko ini anda sebaiknya melakukan spooring berkala terhadap mobil anda. begitu juga dalam pengerjaan spooring biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama karena tingkat kerumitan terbilang sedang. Untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai suspensi ini silahkan baca selengkapnya di : Kelebihan dan kekurangan suspensi double wishbone

Baca juga : Tips merawat karet kaca mobil agar tidak cepat rusak



3. SUSPENSI MULTI LINK

multi link
multibody.net
Suspensi multilink adalah suspensi hasil pengembangan dari double whisbone. Suspensi type ini memiliki desain kontruksi yang sangat rumit dengan bagian bagian yang terpisah yang disatukan oleh sendi sendi dan tiap ujung komponen berporos di kedua sisi arm. Kontruksi dibuat berdasarkan memanipulasi arah gaya yang nantinya diperkirakan akan diterima oleh roda, baik itu benturan vertikal seperti ketika mobil menginjak lubang, benturan dari arah samping dan lain sebagainya.

Kontruksi jenis ini diclaim memiliki daya cengkeram yang sempurna dan lebih mudah dalam pengendalian di jalan jelek sekalipun.variasi dari desain suspensi ini sekarang bervariasi. Kekurangan dari suspensi jenis ini tentu serumit kontruksinya bila mendapat kerusakan. Membutuhkan waktu yang lebih lama lagi dalam proses penggantian. Dan mahalnya harga  part yang masih jarang ada dipasaran karena memang jarang mobil yang menggunakan suspensi jenis ini.

4. SUSPENSI AXLE RIGID
axe rigid
vibes.com
Axle rigid merupakan suspensi yang letaknya berada di belakang sebuah mobil.suspensi ini memiliki ciri umum yaitu roda bagian belakang kiri dan roda belakang kanan dihubungkan menjadi satu dengan satu axle/poros yang kita biasa menyebutnya dengan istilah GARDAN. Axle rigid pun dibagi lagi kedalam dua model yaitu axle rigid dengan pegas daun dan axle rigid dengan pegas coil ( per ).

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan suspensi model per daun



5. SUSPENSI INDEPENDEN

Suspensi independent didesain secara khusus dan antara roda kiri dan kanan belakang mobil tidak dihubungkan secara langsung melainkan di hubungkan dengan sebuah sendi sendi axle sehingga misal roda belakang kiri menginjak lubang maka mobil tidak akan goyang karena hanya suspensi kiri saya yang bergerak dan yang lainnya tidak. suspensi ini banyak diaplikasikan ke dalam jenis mobil mewah.

independent
ford.co.id
Sebenarnya masih banyak jenis jenis suspensi lain namun yang pokok dan wajib untuk anda ketahui informasi diatas sudah sangat lengkap. Nah mungkin cukup sampai disini tulisan seputar jenis dan macam suspensi mobil, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share.


Advertisement