Hati Hati Ketika Anda Mengganti Tape Mobil Variasi

Advertisement
Bahaya ganti tape variasi sembarangan - memoles dan mempercantik kendaraan pribadi khususnya mobil adalah memiliki kepuasan tersendiri bagi si pemilik.berapapun biaya yang mereka keluarkan mereka tidak pernah menyesalinya karena hal itu tadi,perasaan puas akan kereta besi yang mereka tunggangi lebih keren,macho dari mobil mobil lain sejenisnya.

Penggantian yang umum di dunia otomotif mobil yang pertama adalah velg dan ban.lalu diurutan kedua adalah stiker/scoutlet yang didesain sedemikian rupa sehingga tampilan mobil nantinya akan terlihat mirip seperti mobil balap dan sebagainya.lalu disusu di urutan yang ketiga adalah penggantian/penambahan audio seperti audio/tape dan bahkan menambah speaker berukuran jumbo.

tape variasi mobil
hanya ilustrasi by : ceriwis.com

Baca juga : Bingung memilih mobil penggerak depan atau belakang ? baca disini

Untuk melakukan penggantian tape yang dari konvensional ke model touchscreen hal ini layaknya harus mendapat perhatian khusus.
kenapa saya bilang begitu?,karena bila tape tersebut dipasang oleh orang yang tidak ahli atau hanya sekedar bisa.potong kabel,sambung sana sini bisa bisa membahayakan keadaan mobil milik anda.

Pengalaman selama kerja dibengkel saya pernah menemui satu kasus yang sebetulnya sangat sepele yakni ada seorang customer yang mengganti tape mobilnya dari konvesional/standart ke model yang touchscreen.namun selang beberapa minggu beliau mengeluhkan bila mobilnya merasa lain ketika di kendarai yakni mesin mobil pincang serta lampu indikator di dasboard menyala semua.

Setelah dilakukan diagnosis oleh salah satu forman diketahui bahwa penyebabnya adalah salah menyambung kabel tape variasi tersebut sehingga seluruh kabel body terbakar sangat parah dan harus segera diganti yang biayanya kurang lebih diatas 3jt rupiah.

Mengganti tape yang bukan original pabrik biasanya sangat rentan menimbulkan masalah seperti terjadinya korsleting atau arus pendek yang dapat menyebabkan terbakarnya sistem kelistrikan mobil jika tidak dilakukan oleh tenaga profesional yang paham mengenai sistem kelistrikan. Pasalnya diluar sana tukang tape variasi hanya sekedar menyambungkan kabel dan tape menyala, namun tidak memperhatikan besarnya tegangan serta jenis kabel yang bisa berakibat fatal demikian. Dibawah ini adalah beberapa gambar jepretan penulis ketika menangani kejadian serupa.

dashboar mobil terbakar akibat pasang variasi

dashboar mobil terbakar akibat pasang variasi

Mengganti tape dengan yang variasi sih boleh saja asal anda melakukan penggantian di tempat yang sudah ahli dibidangnya dan untuk saran sih pilihlah tempat pemasangan variasi yang mau memberikan garansi jika suatu saat terjadi hal hal seperti diatas.

Baca juga : Bingung mencari merk semir ban mobil yang bagus ? baca disini

Nah bagi anda yang ingin memodivikasi mobil pribadi terutama pada bagian kelistrikan/electrical sebaiknya anda konsultasikan kepada ahlinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibantu share.


Subscribe to receive free email updates: