Perhatikan Hal Ini Saat Beli Mobil Bekas Agar Tidak Menyesal

Advertisement
Tips membeli mobil bekas - memiliki keinginan untuk memiliki mobil pribadi mungkin pernah terbesit di benak anda.namun dengan kondisi keuangan yang mungkin belum stabil dan pada akhirnya untuk mengobati rasa penasaran maka dibelilah sebuah mobil dalam keadaan sudah bekas pakai atau istilah gaulnya adalah mobil second.

Namun anda wajib memperhatikan hal hal penting yang perlu anda ketahui agar anda nantinya tidak menyesal ketika mobil telah terbeli dan ternyata dalam keadaan rusak berat. Terlebih bila anda membeli mobil dengan suspensi double wishbone seperti kijang innova,fortuner,dan sejenisnya.

kijang innova

Baca juga : Inilah penyebab pedal rem bergetar ketika direm

Berikut sedikit informasi bila anda hendak membeli mobil second

1. Cek kondisi mesin mobil

Hal pertama yang harus anda pastikan oke adalah kondisi mesin.tanyakan kepada si penjual mengenai kondisi mesin apakah ada kelainan dan sebagainya. Anda juga harus mengeceknya dengan mencoba menstarter, dengarkan bunyi idle nya apakah mesin berisik atau tidak karena siapa tahu bagian dalam sudah rusak.

Biaya turun mesin dan penggantian part bisa mencapai diatas 15jt rupiah loh. Ingat pastikan juga tidak ada kebocoran oli dan lain lain. Bila diperlukan sebaiknya anda bawa mobil yang kalian inginkan ke bengkel langganan guna dilakukan pengecekan, tentunya sesuai dengan persetujuan penjual.

2. Cek elektrikal body mobil

Yang kedua adalah kondisi kelistrikan pastikan semua fungsi elektrikal berfungsi sebagaimana layaknya. Coba semua tombol seperti washer, lampu-lampu, AC, bel atau klakson, dan lain lain. Perhatikan juga indikator di dasboard mobil oke dan jangan lupa juga mengecek kondisi tuas perseneling apakah bagus atau tidak dalam perpindahan gigi serta tuas rem parkir.

Pengecekan bagian elektrikal ini sangat penting sekali mengingat fungsinya yang sangat vital pada sebuah kendaraan. Buat anda yang tidak bisa melakukan pengecekan secara mandiri bisa meminta bantuan teman atau kenalan yang bekerja sebagai mekanik untuk memastikan bahwa elektrikal mobil yang sedang anda incar dalam keadaan normal.

3. Cek kondisi understeel mobil

Yang ketiga adalah cek kondisi kaki kaki/understeel sebab kemampuan lain dari sebuah mobil dalam mengendalikan laju serta kestabilan adalah kondisi kaki kaki yang bagus. Pastikan kondisi seperti suspensi, ball joint, tierod-long tierod, lahar, kampak bawah, link stabilizer, bus/karet bagus semua. Cek juga putaran ban serta velg ada yang benjol dan mengayun ataukah tidak karena ini semua menyangkut kenyamanan berkendara anda.

Sering kali banyak orang tidak melakukan pengecekan pada bagian ini sehingga rawan mendapatkan mobil yang kondisi kaki kakinya sudah banyak yang rusak, sehingga lebih banyak biaya yang keluar untuk melakukan perbaikan di sektor understeel mobil bekas yang dibelinya.

Baca juga : Penyebab kenapa AC mobil kurang begitu dingin

Dengan anda teliti sebelum membeli, anda tidak akan lagi direpot dengan segala urusan ini itu dan  mengeluarkan biaya perbaikan yang seharusnya dapat anda hindari. Niat ingin membeli mobil second yang murah lalu ujung-ujungnya harus melakukan perbaikan lagi tidak lucu juga bukan?. semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.



Subscribe to receive free email updates: