Teknik Pengereman Sepeda Motor Yang Perlu Diketahui

Advertisement

Teknik mengerem motor - salah satu fitur penting yang terdapat pada kendaraan ialah rem. Tanpa adanya rem maka kendaraan akan sulit untuk di kontrol kecepatannya dan juga tidak dapat di perlambat dan dihentikan lajunya.

Pada sepeda motor ada 3 cara melakukan pengereman yang baik serta disarankan yani cara threshold, pulse, dan juga easy & squeese.

teknik mengerem motor


Teknik yang paling sulit untuk dilakukan adalah teknik threshold ( peras ) sebab dibutuhkan tingkat akurasi jarak dan kecepatan yang baik, bila tidak dapat mengakibatkan ban motor akan terkancing ( terkunci ) dan mengakibatkan rider terjatuh. Dan agar anda tidak terjatuh saat melakukan pengereman dengan teknik ini, cukup anda tekan tuas rem depan sebanyak 40% serta pedal rem belakang sebanyak 60% secara bersamaan.

Untuk pengereman dengan teknik pulse ( tarik - lepas ) penerapannya lebih gampang ketimbang trheshold, dan cara ini sangat efektif untuk mengatur akurasi jarak motor untuk berhenti sesuai dengan yang anda mau. Cara pengereman pulse ini layaknya sistem ABS, kita cukup menekan pedal rem / tuas rem tangan kemudian melepas, injak lagi dan lepas lagi secara berulang ulang sampai motor berhenti di tempat yang anda inginkan.Dua jenis teknik pengereman diatas adalah teknik mengerem secara mendadak.

Sementara teknik pengereman ketiga yaitu Easy & Squeese atau yang sering disebut dengan pengereman stop and go, pengereman ini dilakukan secara halus ketika kita sedang berkendara seperti misalnya akan berhenti di lampu merah. Yang artinya pengereman ini dilakukan karena kondisi yang sewajarnya dimana sepeda motor tersebut memang waktunya berhenti.

Dari ketiga jenis teknik pengereman sepeda motor diatas anda bisa memilih metode mana yang paling anda kuasai, atau lebih bagus lagi bila anda menguasai ketiga teknik pengereman dan menerapkan di kondisi yang seharusnya. Misalnya jika anda terindikasi hendak menabrak orang yang menyebrang jalan, bisa menerapkan threshold atau pulse, sedangkan ketika anda berkendara santai, tidak sedang ngebut bisa mengerem menggunakan Easy & Squeese. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: