Home » , » Teknik Melepas Stiker Motor Agar Tidak Merusak Cat

Teknik Melepas Stiker Motor Agar Tidak Merusak Cat

Advertisement
Teknik dan cara melepas stiker - salah satu alasan para pengguna kendaraan khususnya roda dua, memasang stiker pada motor tunggangannya adalah salah satu cara modifikasi yang paling sederhana untuk membuat tampilan sepeda motor mereka lebih ciamik. Karena saking banyaknya pilihan model / desain stiker yang ada dipasaran membuat banyak biker juga sering mengganti ganti stiker motor mereka dengan desain stiker yang lebih fresh bila sudah merasa bosan memakai stiker lama.

Nah untuk mengganti stiker ini tentu saja kita harus melepas stiker yang lama, sebelum ditempel stiker yang baru, meskipun kualitas stiker lama masih bagus dan langsung bisa di rangkap, namun alangkah baiknya jika stiker lama dilepas. Dalam melepas stiker lama ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, sebab salah salah bisa merusak cat dasar motor seperti terkelupas atau sisa stiker yang malah akan mengotori cat.

Teknik Melepas Stiker Body Agar Tidak Merusak Cat


Untuk melepas stiker ini kita harus mempersiapkan beberapa peralatan seperti alat pemanas stiker atau bahasa keren nya adalah Heat Air Gun, namun bila kalian tidak memilikinya bisa mencoba memakai hair dryer. Bahan lain yang perlu dipersiapkan adalah cairan sticker remover yakni sebuah cairan yang berguna untuk membersihkan sisa sisa lem stiker yang masih menempel di body kendaraan, bila tidak memiliki atau susah untuk mendapatkan cairan ini, anda bisa menggunakan alternatif lan yakni memakai bensin. Jangan lupa juga menyediakan lap bersih yang permukaannya lembut, bisa menggunakan kain microfiber untuk menjaga cat dasar kendaraan tidak baret.

Cara melepas stiker kendaraan

Setelah semua alat dan bahan dipersiapkan, anda tinggal menggunakannya untuk melepas stiker yang tidak diinginkan. Caranya adalah dengan memanasi seluruh bagian stiker yang akan dilepas dengan menggunakan alat pemanas Heat air gun dan jaga suhunya agar tidak terlalu panas, arahkan moncong heat air gun tadi ke permukaan stiker, kemudian setelah beberapa menit anda bisa menarik bagian tepi stiker untuk dilepas. Fungsi memanasi stiker ini adalah agar lebih mudah untuk dilepas.

Setelah stiker terlepas tentunya kalian akan melihat sisa sisa lem stiker yang menempel di body kendaraan, silahkan anda bersihkan dengan menyemprotkan cairan sticker remover ke permukaan sisa lem dan tunggu beberapa menit, selanjutnya anda bisa mengelapnya dengan menggunakan kain hingga bersih. Bila tidak memiliki cairan sticker remover, anda bisa memakai bensin yang terlebih dahulu dituangkan ke kain, baru digunakan untuk menggosok sisa sisa lem tadi sampai tuntas.

Untuk memperoleh hasil yang lebih sempurna lagi guna menjaga keawetan cat dasar kendaraan, anda bisa terlebih dahulu memoleskan kompound ke seluruh permukaan body kendaraan, kemudian membersihkannya dengan memakai kain lap. Sampai disini proses melepas stiker selesai, dan anda bisa mengaplikasikan desain stiker yang lain untuk selanjutnya di tempel ke permukaan kendaraan kesayangan anda.

Nah sangat mudah bukan cara melepas stiker mobil atau motor sendiri dirumah ?



Advertisement