Home » , » Setelah Dicoating Apakah Cat Bisa Anti Gores ?

Setelah Dicoating Apakah Cat Bisa Anti Gores ?

Advertisement
Anti gores dan coating mobil - salah satu perawatan tambahan yang dapat membuat penampilan mobil standar jadi lebih indah dilihat adalah melakukan coating atau laminating cat mobil. Coating atau laminating mobil ini ialah melapisi permukaan cat body mobil maupun kaca dengan cairan khusus coating yang mampu memberikan kilau asli dari cat mobil tersebut layaknya mobil sport yang kinclong.

Banyak dipasaran produk laminating yang mengklaim selain mampu menampilkan kilau dan cat asli mobil juga mampu membuat cat mobil menjadi anti gores, lalu benarkah setelah mengaplikasikan coating ke atas permukaan cat body mobil bisa membuat cat tersebut menjadi anti gores ?

Setelah Dicoating Apakah Cat Bisa Anti Gores ?
Kilau mobil setelah coating, sumber gambar : ceramic-coats.com


Apakah coating mobil bisa membuat cat mobil anti baret ?

Perlu diketahui bahwa lapisan coating ini memiliki ketebalan micro, yang artinya bahkan jauh lebih tipis dari satuan milimeter sekalipun ( lebih tepatnya hanya berukuran 3 micron ), sedangkan ketebalan lapisan clear body mobil sendiri bahkan jauh lebih tebal yakni antara 30 sampai 50 micron sehingga claim bahwa dengan melakukan coating ini membuat cat jadi anti gores tidak sepenuhnya benar kecuali jika cat mobil dilapisi dengan wax dengan tingkatan berlapis lapis ( dimana wax ini tidak bersifat permanen ). Meskipun ada yang benar benar bisa melakukan hal itu, tetap saja cat masih bisa tergores, hanya saja mungkin kapasitas goresannya yang tidak terlalu parah ( jikalau ada loh ya ).


Lalu kenapa produsen coating seperti ini berani mengklaim bisa anti baret ?

Fungsi utama dari coating ini adalah menutup pori pori cat yang biasanya air dan jamur mengendap masuk kedalam pori pori cat sehingga menyebabkan kilau cat menjadi memudar. Nah dengan dilapisi coating ini maka kotoran, jamur dan air tidak lagi bisa merasuk kedalam pori pori sehingga nantinya dapat dengan mudah dibersihkan. Dengan begitu secara tidak langsung fungsi dari coating ini hanyalah sebatas mengunci warna asli dan juga kilau cat mobil agar senantiasa berkilau dan juga efek water repellent.

Jadi dengan melapisi cat mobil dengan coating ini tidak lantas membuat cat mobil jadi anti baret. Nah maka dari itu anda pun perlu berhati hati dengan produk coating yang mengaku bisa mencegah baret pada cat setelah di coating. Kecuali jika cat mobil anda lapisi dengan stiker, pasti dijamin anti baret dan anti cakaran kuku manusia :).

Untuk tulisan kami yang lain seputar laminating silahkan dibaca juga :




Nah jadi pada intinya produk coating mobil ini tidak benar benar membuat cat mobil jadi anti baret atau anti lecet, terkadang beberapa produk melakukan trik marketing yang sangat membingungkan untuk menarik minat konsumennya, jadi pintar pintarlah dalam memilih produk nantinya, Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibantu share artikelnya, terimakasih dan salam kinclong :).



Advertisement

Advertisement