Home » » Setir Truk Lari Kiri Dan Kanan Ketahui Sebab Dan Cara Mengatasinya

Setir Truk Lari Kiri Dan Kanan Ketahui Sebab Dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Setir truk buang kiri dan kanan - salah satu masalah yang ada pada sistem pengendalian kemudi kendaraan pengangkut alias truk adalah tidak stabilnya setir kemudi saat di kendalikan, bahkan beberapa sopir mengaku setir truk mereka kadang lari kiri dan kanan baik itu sedang tidak memuat ataupun sedang mengangkut muatan penuh.

Lalu apa sih sebenarnya yang menyebabkan setir truk tersebut bisa seperti itu ? perlu kalian ketahui juga bahwa bagian kaki kaki truk ini memiliki kontruksi yang berbeda dengan bentuk kaki kaki mobil biasa. Pada truk tidak terdapat ball joint arm dan hanya menggunakan King Ping dimana pada king pin ini juga perlu dilumasi atau diberi Vet secara berkala sebagai pelumasan. Jika tidak maka kondisi king pin yang kering tersebut akan terjadi karat dan macet.

king pin truk rusak kering oblak


Karat inilah yang nantinya akan membuat pergerakan dari king pin akan terganggu, terasa seret sehingga jika setir dibelokkan sedikit kekiri maka truk akan selalu berjalan kekiri, demikian saat setir dibelokkan sedikit kekanan maka truk akan berjalan ke kanan yang seolah olah setir truk tadi seperti narik kekiri dan kekanan tidak jelas.

Untuk mengatasi setir truk kadang buang kiri kadang buang kanan ini langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah melakukan pengecekan king pin secara visual apakah kondisinya kering karatan atau tidak. Selanjutnya lakukan pengecekan apakah king pin tadi kocak dengan cara menggoyang goyangkan roda depan truk layaknya jika kita mengecek ball joint mobil biasa. Bila terindikasi kocak / rusak sebaiknya langsung dilakukan penggantian, namun jika tidak maka cukup berikan Vet atau grease saja pada bagian king pin nya. Inshaa allah masalah anda akan teratasi.

Untuk hasil yang jauh lebih baik lakukanlah spooring truk secara berkala untuk mengembalikan posisi geometri roda depan truk agar pengendalian lebih enak, stabil, ban tidak makan sebelah dan yang pastinya adalah irit bahan bakar. Semoga bermanfaat.



Advertisement

Advertisement