Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Di Rem

Advertisement
Mesin pincang saat injak rem - didalam sistem pengereman mobil terdiri dari banyak sekali komponen yang satu dan lainnya saling berhubungan / berkaitan, dan urutan dari proses pengereman ini dimulai dari menginjak pedal rem, kemudian diteruskan ke boster rem / rem boster, selanjutnya dari boster ini dilanjutkan ke master rem. Nantinya master rem akan mendorong minyak rem menuju ke rem yang terpasang di ke empat roda mobil.

Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Di Rem

Untuk masalah yang sering terjadi pada sistem rem juga banyak sekali, diantaranya seperti rem mobil blong, rem mobil kurang pakem, rem mobil bunyi berdecit, rem mobil bergetar sampai dengan masalah yang sedikit rumit, yakni mesin mobil jadi bergetar alias pincang saat pedal rem di injak. Lalu apa sih hubungan pedal rem yang bisa mempengaruhi kinerja mesin mobil ? Nah pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan kenapa saat pedal rem di injak bisa membuat mesin mobil menjadi pincang.

Baca menarik lainnya : Penyebab pedal rem terasa keras saat di injak

Penyebab mesin bergetar saat di rem

Dari sekian banyak komponen yang disebutkan diatas, ada salah satu komponen yang memiliki hubungan dengan mesin mobil ialah boster rem / rem boster, dimana komponen rem boster ini memanfatkan kevakuman udara didalam saluran intake sistem engine untuk dimanfaatkan sebagai penambah daya ( boster ) rem sehingga pedal rem menjadi lebih ringan saat di injak. Dengan begitu maka agar memperoleh kinerja yang bagus maka saluran vakum ini tidak boleh ada kebocoran, untuk lebih jelasnya silahkan lihat skema gambar dibawah ini.

Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Di Rem

Dari gambar diatas terlihat didalam tabung boster ini terdapat dua buah ruangan yang di sekat dengan sebuah membran karet, pada ruangan yang berwarna hijau adalah ruangan yang terdapat kevakuman udara dimana tekanan udara didalamnya lebih rendah dibandingkan tekanan udara atmosfir, sehingga saat pedal rem diinjak, maka udara yang divakumkan ini akan ikut menarik membran dan juga batang pushrod yang selanjutnya daya drong ini dilanjutkan ke master rem sehingga pedal rem akan terasa ringan.

Nah bila terdapat kebocoran baik melalui sekat membran / diafragma ataupun keretakan pada selang vacum, akan membuat udara dari luar sistem masuk kedalam ruang vacum dan selanjutnya akan ikut tersedot dari ruang vacum kedalam selang menuju intake, sedangkan selang vacum ini sendiri didalam intake posisinya berada dibawah katup throttle sehingga udara yang bocor tadi akan ikut masuk kedalam ruang bakar tanpa melewati throttle ( terjadi bypass udara ) sehingga nantinya komposisi udara didalam ruang bakar menjadi jauh lebih banyak ketimbang jumlah bahan bakar yang masuk. Dan hal ini kemudian bisa mengakibatkan mesin menjadi pincang ketika pedal rem di injak.

Selain membuat mesin mobil menjadi pincang an bergetar tidak beraturan, kebocoran didalam sistem kevakuman ini juga menyebabkan pedal rem terasa lebih keras dari kondisi normal biasanya akibat hilangnya tenaga hisap dari ruang vakum yang membantu menarik pushrod.

Baca juga : Berbagai penyebab kerusakan pada booster rem mobil

Nah bila kalian pernah mengalami mesin pincang atau bergetar saat pedal rem di injak, silahkan lakukan pemeriksaan pada komponen rem boster ini, dan bila ditemui adanya kebocoran silahkan lakukan perbaikan jika masih bisa diperbaiki, dan lakukan penggantian jika kerusakan tidak memungkinkan untuk di repair. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: