Kenali Mobil Bekas Banjir Agar Tidak Keluar Biaya Lebih

Advertisement
Tips ketahui mobil bekas banjir - ketika kita ingin memiliki mobil namun dana yang dimiliki terbatas, pilihan terbaik ialah membeli mobil bekas pakai atau used car. Selain harga jual mobil bekas ini jauh lebih murah ketimbang beli yang baru, bila kita beruntung kita akan mendapatkan mobil bekas dengan harga murah dan berkualitas bagus.

Namun didalam memilih kendaraan bekas kita harus teliti, jangan hanya melihat penambilan luar atau eksterior saja, melainkan kita juga perlu memperhatikan interior kendaraan serta mengetahui riwayat mobil yang hendak kita beli, apakah mobil tersebut bermasalah, mobil tersebut bekas kecelakaan atau mobil tersebut bekas terendam banjir.

bahaya beli mobil bekas banjir


Baca juga : Trik mengemudi di saat hujan agar aman

Nah khusus untuk mobil yang terkena banjir ini memiliki dampak kurang bagus di kemudian hari, khususnya untuk jenis mobil keluaran baru dimana seluruh sistem nya menggubakan elektrikal serta sensor sensor sebagai pendukung. Dan terkadang beberapa penjual merahasia kan hal ini dari pembeli, dengan ganti nya mereka menjualnya dengan harga yang lumayan murah.

Padahal membeli mobil bekas banjir ini dapat beresiko terjadinya kerusakan fatal yang malah biaya perbaikannya jauh lebih mahal seperti yang pernah penulis bahas kemarin, mobil Nissan Juke terendam banjir biasa penggantiannya mencapai 86 juta an dan itupun belum pasti mesin mobil bisa menyala. Perlu di ingat bahwa mobil tidak di desain untuk menerjang banjir yang sangat ekstrim dimana air bahkan masuk kedalam kabin, apalagi jika sampai terendam.

Agar anda tidak tertipu membeli dan mendapatkan mobil bekas yang pernah terendam banjir, maka sebaiknya anda perlu mengetahui sedikit informasi mengenai ciri mobil yang pernah terendam banjir dibawah ini.

Kabin mobil biasanya berbau apek

Biasanya ciri utama yang mengindikasikan bahwa mobil bekas terendam banjir adalah terciumnya aroma tidak sedap, apek didalam kabin mobil. Bau apek ini pada mulanya berasal dari bakteri pembusuk yang ikut terbawa air, dan selanjutnya masuk dan berkembang biak didalam ruang kabin. Bila menemukan unit mobil bekas dengan ciri seperti ini coba tanyakan ke si penjual, bila si penjual saja tidak tahu apa apa lebih baik urungkan niat anda memilih mobil seperti ini.

Periksa kondisi mobil hingga ke celah sempit

Meskipun banjir berada di area perkotaan, tidak menutup kemungkinan akan membawa material banjir seperti pasir atau lumpur. Dan celaka nya jika air bercampur lumpur ini masuk ke dalam celah celah kecil mobil akan sangat sulit untuk di bersihkan, sehingga secara tak langsung hal ini akan mempermudah anda mengetahui mobil itu bekas terkena banjir atau tidak. Lakukan pemeriksaan di bagian panel bemper dwpan atau belakang bila perlu lakukan pembongkaran. Cek juga bagian dalam dari trim door, biasanya disana anda akan menemukan bekas lumpur baik yang masih basah ataupun sudah mengering. Periksa pula di bagian celah kap mobil serta bagian celah kecil lainnya yang mungkin kalian ketahui.

Periksa bagian yang susah kering

Pemeriksaan lanjutan silahkan anda periksa pada bagian yang sulit kering seperti karpet dasar, busa jok mobil, plafon mobil. Biasanya pada bagian ini jika terkena air akan sulit untuk dikeringkan, walaupun sudah dibersihkan dan dikeringkan terkadang ada boda yang sulit hilang.

Cek elektrikal body

Periksa pula bagian kelistrikan mobil, biasanya kelistrikan didalam mobil ini sangat rentan mengalami kerusakan jika pernah terendam banjir, seperti ECU, air bag, ABS, power window dan elektrikal lainnya. Mungkin pemeriksaan ini sedikit menyulitkan jika anda tidak memiliki pengalaman teknik, maka dari itu sangat disarankan bila hendak membeli mobil untuk mengajak teknisi untuk melakukan pengecekan secara detail. Atau bisa anda ajak si penjual membawa mobil jualan nya untuk dibawa dan di cek di bengkel resmi terdekat.

Ketahui harga pasaran dan lokasi

Biasanya seorang penjual mobil bekas akan meng-iya kan mobil bekas banjir walaupun ditawar di bawah harga pasaran. Karena dari penjual sendiri tidak terlalu peduli dengan harga jual, intinya yang mereka mau mobilnya cepat terjual. Maka dari itu jika anda mendapatkan sebuah mobil dengan harga yang tak wajar, anda perlu waspada siapa tahu mobil itu bekas terkena banjir yang dikemudian hari malah akan merugikan anda sebab biaya perbaikan justru sangat mahal.

bahaya beli mobil bekas banjir
Pemandangan luar biasa : pabrikan mobil honda terendam banjir


Perhatikan pula lokasi tempat tinggal dari si pemilik kendaraan sebelumnya, apakah berada di wilayah langganan banjir ataukah tidak, cari informasinya melalui surat kepemilikan kendaraan atau langsung bertanya ke dealer mobkas yang kalian kunjungi. Sebagai calon pembeli memang kita diwajibkan untuk teliti agar tidak menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu dibagikan artikelnya.

Baca juga : Begini cara kerja nano ceramic coating pada cat mobil



Subscribe to receive free email updates: