Fungsi Water Pump Mesin Mobil

Advertisement
Fungsi pompa air waterpump mesin mobil - salah satu komponen yang penting pada sistem pendinginan mesin kendaraan adalah pompa air atau waterpum, karena tampa adanya komponen vital ini mesin mobil bisa terjadi overheating meskipun beberapa komponen lain seperti thermostat dan radiator dalam keadaan baik serta tidak ada kebocoran didalam sistem pendingin.

Fungsi water pump / pompa air

Sesuai dengan namanya yakni water pump atau pompa air, tugas penting dari komponen ini adalah untuk memompa dan mensirkulasikan cairan pendinginan atau water coolant untuk mendinginkan komponen mesin kendaraan. Syarat utama agar mesin mobil tidak overheat adalah dengan tersirkulasi nya cairan pendinginan ke seluruh celah saluran pendingin.

water pump mesin mobil


Selain komponen water pump, untuk menjaga mesin kendaraan tetap dalam suhu yang stabil dibawah suhu titik didih, terdapat komponen thermostat yang nantinya berperan sebagai keran otomatis yang bisa membuka dan menutup sesuai dengan suhu air pendingin mesin. Saat suhu air pendingin didalam mesin memanas maka otomatis thermostat akan terbuka sehingga sirkulasi langsung terhubung ke bagian radiator. Nantinya air dari dalam radistor akan dimasukkan ke mesin, begitupun dengan air panas yang ada didalam mesin dikeluarkan menuju radiator untuk selanjutnya didinginkan. Proses ini akan terus terulang.

Kerusakan yang sering terjadi pada water pump

Pompa air ini sangat rentan sekali terhadap kerusakan terutama jika kita sembarangan mengisikan cairan radiator, maka komponen pompa air ini bisa karatan dan terkikis / rusak sehingga kinerja nya menjadi turun. Selain itu pompa air juga rawan sekali bocor yang dikarenakan faktor usia atau saat pemasangan kembali setelah membongkar mesin tidak tepat.

Dan juga dalam jangka pemakaian waktu yang lama, bearing water pump ini sering aus, rusak dan oblak sehingga saat mesin kendaraan menyala terdengar suara berisik di area mesin. Kerusakan akibat aus nya bearing water pump ini sering terjadi pada kendaraan yang sering di pacu kencang yang membuat bearing akan terputar lebih kencang sehingga membuat bearing menjadi cepat aus.

Nah itulah tadi sekilas tentang fungsi maupun cara kerja water pump mesin mobil. Termasuk juga mesin motor yang mengaplikasikan sistem pendingin cair cara kerja nya pun sama. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.


Subscribe to receive free email updates: