Home » , » Peluang Menguntungkan Jasa servis Radiator

Peluang Menguntungkan Jasa servis Radiator

Advertisement
Peluang usaha otomotif - mungkin ada dibeberapa diantara kalian yang penasaran mengenai hal hal apa saja yang dilakukan oleh tukang servis radiator dikala mereka melakukan pekerjaan servis. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai apa saja yang dilakukan oleh tukang radiator dalam melakukan servis nya.

Apa itu servis radiator ?

Servis radiator adalah suatu pekerjaan yang dilakukan untuk merawat radiator guna memperpanjang usia dari radiator mobil khususnya radiator mobil lawas yang bagian upper tank dan lower tank radiatornya masih menggunakan besi seperti contohnya adalah radiator isuzu panther ataupun kijang kapsul dan mobil lain sejenisnya.

Peluang Menguntungkan Jasa servis Radiator

Proses pengerjaan servis radiator


Mengcek dan membongkar radiator dari mobil

Mula mula tukang radiator akan melakukan pengecekan apakah ada kebocoran didalam sistem radiatornya dengan cara membuka tutup radiator mobil, lalu kemudian dipasangkan sebuah alat yang bernama pressure gauge dan dipompa. Jika ditemukan kebocoran akan ditandai oleh tukang radiator agar nantinya dapat memudahkan dalam melakukan penambalan. Kemudian setelah dipastikan bagian mana yang bocor dilanjutkan ke tahap pembongkaran komponen radiator dari badan mobil.

Proses membuka dan membersihkan radiator

Tahap selanjutnya akan langsung melakukan pembongkaran bagian upper tank dan lower tank dari kisi kisi radiator. Kemudian dilanjutkan membersihkan bagian dalam dari upper dan lower tank dari karat yang menempel menggunakan sikat baja. Setelah bagian tanki radiator dibersihkan, pekerjaan dilanjutkan untuk membersihkan bagian kisi kisi radiatornya, pertama membersihkan bagian luar kisi kisi radiator dengan jalan menyemprotkan air bertekanan ke seluruh permukaan kisi kisi radiator. Setelah bagian luar kisi kisi bersih dari segala jenis kotoran, pembersihkan pun dilanjutkan ke bagian dalam saluran kisi kisi dengan cara merendam seluruh bagian radiator ke kolam air dan mengorek bagian saluran air ini menggunakan batang besi pipih yang lentur agar karat yang mengendap didalam saluran air ini rotok sehingga tidak menimbulkan kebuntuan.

Peluang Menguntungkan Jasa servis Radiator

Pengecekan kembali radiator yang telah diservis

Setelah semua saluran air di kisi kisi radiator dikorek selanjutnya dengan bantuan selang air, bagian dalam kisi kisi tadi disemprot guna mengecek apakah seluruh saluran tidak ada yang buntu. Dan langkah terakhir adalah merakit kembali bagian upper tank, lower tank dan juga kisi kisi radiator dengan menggunakan las timah dan melakukan pengecekan kembali apakah terdapat kesalahan pemasangan yang mengakibatkan kebocoran pada bagian las timahnya, jika ditemukan maka si tukang radiator akan mengelas kembali bagian yang bocor.

Pemasangan kembali radiator ke mobil

Setelah proses servis radiator selesai maka tahap akhir adalah memasangkan kembali radiator ke mobil seperti semula.

Dari seluruh proses pengerjaan pengecekan, pelepasan, servis sampai pemasangan kembali untuk 1 radiator mobil setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam tergantung tingkat kesulitan melepas dan memasang radiator kembali.



Untuk membuka jasa servis radiator tidaklah sulit, yang dibutuhkan hanyalah sedikit modal untuk membeli peralatan bengkel seperti kunci kunci dan lain sebagainya, serta lokasi bengkel strategis. Untuk pembelian perlengkapan bengkel anda harus mengeluarkan dana kurang lebih 2 juta sampai 3 juta. Selanjutnya untuk dana pembuatan kolam air cukup sediakan dana sebesar 500 ribu atau kalian bisa memakai tong air bekas. Dan biaya sewa lokasi tergantung nego anda dan si pemilik lahan tentunya. Setidaknya anda membutuhkan modal awal sebesar 5 sampai 8 juta untuk membuka bengkel servis radiator ini

Keuntungan buka usaha servis radiator

Biasanya rata rata di surabaya harga tiap servis radiator yang radiatornya telah dibongkar sendiri oleh si pemiliknya berkisar antara 150 sampai 200 ribu. Khusus untuk radiator yang dibuka kan oleh tukang radiator bisa lebih mahal antara 250 sampai 300 ribu rupiah. Anggap saja anda menerima paling tidak 2 unit radiator mobil yang telah di bongkar sendiri oleh sang pemilik sehingga penghasilan anda per harinya adalah 200 ribu rupiah. Dan jika tiap hari anda rutin mengerjakan 2 uit radiator berarti dalam 1 bulan anda setidaknya mampu mengerjakan 60 unit radiator dan perhitungannya adalah sebagai berikut :

Penghasilan bulanan
= unit per hari x 30 hari x tarif jasa servis
= 2 x 30 x 100.000
= Rp 6.000.000

Jika ternyata bengkel servis anda ramai lebih dari itu maka bisa dipastikan penghasilan anda juga lebih dari asumsi diatas. Nah agar bengkel servis radiator anda ramai maka anda juga perlu mencari banyak relasi seperti bekerja sama dengan bengkel bengkel resmi disekitar anda dan memberitahukan mengenai usaha anda ini kepada mereka. Tentunya nanti jika mereka menerima pelanggan yang radiatornya perlu diservis bukan tidak mungkin mereka akan membawakan radiator tersebut ke bengkel anda.



Advertisement