Home » » Penyebab Truk Bunyi Gruk Saat Belok

Penyebab Truk Bunyi Gruk Saat Belok

Advertisement
Bunyi bunyi di truk saat belok - tulisan kali ini adalah untuk menjawab keluhan oleh beberapa sopir truk yang memiliki masalah bunyi bunyi pada kendaraannya saat belok baik belok kekiri atau kekanan. ataupun kedua duanya. Truk ialah kendaraan yang sangat berguna sebagai penunjang usaha khususnya dalam hal mengangkut angkutan berat.

Oleh karenanya anda sebagai pemilik truk wajib selalu memperhatikan dan merawat armada armada ini dengan rutin sebab jika telah terjadi kerusakan akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Penyebab Truk Bunyi Gruk Saat Belok

Kembali lagi ke topik pembahasan mengenai penyebab kenapa muncul bunyi saat truk tersebut dipakai belok, jawaban satu satunya adalah adanya komponen baut understeel yang terlepas yaitu baut penyetel batas belok atau yang sering disebut dengan baut stopper. Baut ini adalah baut yang berfungsi untuk membatasi putaran setir kendaraan, sehingga ban kendaraan tersebut tidak belok terlalu banyak yang mengakibatkan ban tersebut bersentuhan dengan bagian understeel mobil lainnya.

Karena baut ini terlepas, maka putaran setir truk tadi yang semula hanya sebatar 2 sampai 2.5 putaran kekiri atau kekanan, menjadi loss alias terputar terus sampai mentok. Untuk mengecek apakah baut stopper truk anda terlepas bisa melihatnya dibagian depan dan belakang king pin truk, bila memang benar baut tersebut terlepas silahkan anda carikan baut pengganti dengan ukuran dan spesifikasi yang sama baik itu panjang baut dan juga model ulir bautnya.

Bunyi gruk gruk pada truk saat belok tadi disebabkan karena ban truk kandas dan mengenai spring per daun. Bila anda tidak segera memperbaiki hal ini dan lebih memilih membiarkan saja bisa menyebabkan timbulnya kerusakan lain yang tidak diinginkan seperti cacatnya ban truk akibat bersinggungan dengan besi pegas per daun.

Baca juga : Penyebab ban aus bergelombang / aus tidak merata

Nah mungkin tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat bagi anda khususnya para sopir truk yang menemui masalah serupa pada kendaraannya sehingga bisa mengatasi hal ini secara mandiri dan tidak perlu keluar uang banyak bila dibandingkan mengeluhkan ke bengkel.


Advertisement

Advertisement