Waspada AC Mobil Terlalu Dingin Bisa Bikin Meriang

Advertisement
Pengetahuan AC mobil - seringkali kita melihat banyak sales kendaraan roda empat yang memberikan penawaran kepada calon pembelinya mengenai kualitas AC dari mobil yang mereka jual, mereka mengatakan bahwa AC mobil mereka lebih dingin dibandingkan merk kompetitor sehingga membuat anda menjadi lebih tertarik untuk membeli unit mobil tersebut.

Namun apakah benar AC mobil yang dikatakan lebih dingin tersebut memberikan efek yang bagus juga bagi anda sendiri ? khususnya bagi kesehatan pengemudi maupun penumpang lainnya didalam mobil ketika menyalakan AC mobil sedingin mungkin ?


Turun dari mobil badan terasa meriang


Waspada AC Mobil Terlalu Dingin Bisa Bikin Meriang

Baca juga : Inilah penyebab kondisi AC mobil terasa kurang dingin

Dari beberapa pengalaman yang saya sendiri alami, sering sekali penulis merasa ngilu pada persendian alias meriang setelah turun dari mobil yang kondisinya saya setel dingin MAX. Hampir kejadian seperti ini selalu terulang kembali lagi dan lagi, saya pikir memang kondisi tubuh sedang tidak fit sehingga badan sering terasa pegal, ngilu dan meriang sampai pada akhirnya mencurigai apakah jangan jangan hal ini dikarenakan penggunaan AC mobil yang terlalu dingin.

Sejurus kemudian mencoba membawa thermometer kedalam kabin mobil ketika menggunakan AC, dan benar sekali ternyata suhu didalam ruang kabin tersebut mencapai angka 20 derajat celcius padahal kondisi normal untuk suhu yang nyaman kurang lebih antara 25 sampai 28 derajat celcius.

Semenjak saat itu saya menjadi lebih memperhatikan suhu ruang kabin demi agar tidak meriang nantinya ketika turun dari kendaraan, karena tombol AC masih belum elektrik terpaksa saya gunakan teknologi manual yakni saya matikan ketika thermometer menunjukkan angka dibawah 26 derajat celcius, dan menyalakan kembali ketika suhu kabin mobil sudah terasa panas. Memang sedikit merepotkan, namun hasilnya lumayan saya jadi tidak merasa meriang lagi setelah turun dari mobil.

Catatan penting

Suhu ruang kabin terlalu dingin ataupun terlalu panas selain membuat kita tidak nyaman ternyata juga bisa memperburuk kondisi kesehatan tubuh kita.
Meriang setelah turun dari mobil ini diakibatkan karena tubuh secara spontan menerima suhu dengan temperatur berbeda secara spontan dan berulang ulang, contohnya suhu didalam mobil ber AC adalah 24 derajat celcius, sedangkan suhu diluar mobil ternyata adalah 35 derajat celcius, perubahan yang seperti inilah yang menjadikan tubuh kita mudah meriang.
Baca juga : Tips cara membuat mobil avanza atau xenia lebih empuk

Nah kesimpulan yang bisa kita ambil dari pengalaman penulis diatas adalah ternyata AC yang sangat dingin juga tidak bagus bagi kesehatan tubuh kita, sehingga membeli mobil yang menklaim bahwa AC mereka lebih dingin saya rasa bukan sebuah alasan yang tepat.


Subscribe to receive free email updates: