Cara Hilangkan Bunyi Di Tali Kipas Mobil

Advertisement
Tali kipas mobil bunyi mencicit - mungkin anda barangkali pernah mengalami hal yang sangat mengganggu khususnya bagi indera pendengaran kita dimana tali kipas atau fanbelt bunyi mencicit. Memang bunyi mencicit ini selain menimbulkan rasa kurang enak saat mendengarnya juga membuat kita menjadi was was akan apa yang terjadi nantinya, misalnya saja perasaan takut akan adanya masalah di bagian mesin mobil ataupun takut bila fanbelt putus sewaktu waktu ditengah jalan.

Memang kita harus waspada dengan bunyi bunyian yang ada di mobil sekecil apapun bunyinya, bukannya apa apa karena dengan anda tanggap terhadap bunyi bunyian ini, anda bisa melakukan perbaikan sedini mungkin bagian apa dan mana saja yang perlu diperbaiki sehingga dikemudian hari masalahnya tidak akan menjadi besar. Khusus untuk edisi kali ini kita akan membahas mengenai masalah bunyi yang ada pada tali kipas mesin mobil dan penanganannya yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Cara hilangkan bunyi di fanbel tali kipas mobil


1. Kencangkan setelan tali kipas

Langkah pertama adalah dengan cara mengencangkan tali kipas mobil karena biasanya bunyi mencicit tersebut diakibatkan oleh dua hal, yang pertama adalah karena tali kipas atau panbel sudah kendor dan yang kedua adalah karena usia pakai sudah melewati batasnya. Untuk mengencangkan tali kipas caranya sangat mudah, silahkan anda cari baut penyetel yang biasanya terdapat dibagian alternator, gunakan kunci ring 12 atau yang sesuai, kemudian kendorkan penyetel tersebut dan coba congkel dengan menggunakan besi panjang pada bagian alternator, coba tekan tali kipas bila sudah kencang silahkan dikencangkan kembali.

Baca juga : Ketahui penyebab tali kipas mobil bunyi saat mesin dihidupkan

2. Menaburkan bedak pada fanbelt / tali kipas

Selain bedak bayi sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban badan si buah hati ternyata juga sangat berguna untuk mengatasi darurat seperti tali kipas mobil yang mencicit. Cukup anda taburkan bedak bayi tersebut ke seluruh permukaan dalam tali kipas secara merata, silahkan tutup kap mesin dan starter. Jika masih ada bunyi matikan mesin, buka kap mesin dan kembali taburkan bedak tersebut ke area yang sama sampai bunyinya hilang. Saya biasa menggunakan bedak bayi merk JOHNSON untuk mengatasi hal ini.

Baca juga : Trik menghilangkan panbel bunyi mencicit dengan bedak bayi


3. Memberikan grease atau gemuk ke permukaan dalam tali kipas

Langkah mudah yang bisa anda lakukan sendiri dirumah untuk mencoba menghilangkan suara mencicit di bagian tali kipas mesin mobil selanjutnya adalah dengan memberikan pelumas grease / gemuk / stempet ke permukaan dalam tali kipas, cukup seujung jari saja kemudian coba nyalakan mesin mobil. Pemberian grease sebenarnya tidak disarankan karena akan membuat tali kipas sedikit mudah slip sehingga bisa dikuatirkan memperboros konsumsi bahan bakar mobil.

Cara Hilangkan Bunyi Di Tali Kipas Mobil

4. Mengganti tali kipas lama dengan yang baru

Bila beberapa cara diatas ternyata belum juga berhasil sebaiknya jangan terlalu dipaksakan untuk mengatasi sendiri, bawalah kendaraan kesayangan anda ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan penggantian fanbel lama dengan yang baru. Pastikan melakukan penggantian di bengkel resmi karena sudah dijamin barang yang dipasang adalah original yang ukurannya sesuai standard, disamping itu mereka pun memberikan garansi.

Namun bila anda memilih untuk memasangkan komponen ini dibengkel luar, pastikan anda membeli tali kipas dengan nomor seri yang sama dengan yang sudah lama. Kebanyakan orang mengukurnya dengan menyamakan panjangnya padahal cara ini adalah salah sebab tali kipas usang sudah tidak elastis dan tentu saja akan mengendor alias memanjang.

Baca juga : Ini akibat tidak mengganti tali kipas usang dengan yang baru

Nah itulah tadi beberapa cara menghilangkan bunyi di tali kipas alias panbel mesin mobil agar tidak bunyi mencicit. Semoga bermanfaat dan jangan sampai lupa untuk membagikan tulisan diatas :).


Subscribe to receive free email updates: