Home » » Pengertian Understeer Dan Oversteer Serta Penyebabnya

Pengertian Understeer Dan Oversteer Serta Penyebabnya

Advertisement
Apa itu oversteer dan apa itu understeer ? mungkin bagi kalian yang belum begitu mengenal istilah ini akan bertanya tanya kurang lebih demikian dengan harapan anda akan segera mendapatkan arti dari understeer dan oversteer dari orang yang mungkin saja tahu. Namun memang istilah istilah unik yang ada didunia otomotif ini tidak semua orang mengetahuinya, bahkan orang yang sudah sangat lama memiliki mobil pun terkadang tidak mengetahui kedua istilah diatas.

Nah dalam edisi kali ini kami akan berbagi sedikit informasi mengenai apa itu understeer dan apa itu oversteer berikut juga penyebab terjadinya understeer / oversteer serta bagaimana cara penanganannya.

Pengertian Understeer Dan Oversteer

Pengertian Oversteer

Oversteer adalah sebuah situasi dimana ketika mobil sedang dibelokkan dalam kecepatan tinggi, ban yang berada pada posisi belakang kehilangan traksi-nya sehingga terjadi selip pada ban belakang. Orang banyak yang menyebutnya dengan istilah ngedrift tanpa di rem tangan. Penyebab dari understeer ini adalah karena sudah menipisnya kembang ban bagian belakang.

Pengertian Understeer

Sedangkan pengertian dari understeer ialah sebuah situasi dimana ketika mobil sedang dibelokkan dalam kecepatan yang tinggi, ban yang berada pada posisi depanlah yang kehilangan traksinya  akibat sudah menipisnya kembang ban bagian depan. Sehingga ketika posisi mobil dibelokkan, mobil tetap meluncur lurus bukannya belok dengan sempurna, dan pada akhirnya mobil akan keluar dari lintasan. Orang sering menyebutnya dengan istilah selip pada ban depan.

Dari kedua penyebab baik understeer maupun oversteer ini disebabkan oleh penggunaan ban yang telah aus.

Kedua kondisi ini sangatlah berbahaya mengingat hal ini berkaitan erat dengan keselamatan pengendara mobil, maka dari itulah sebaiknya anda benar benar memperhatikan kondisi telapak ban mobil, bila sekiranya sudah melebihi masa pemakaian / sudah aus sebaiknya ban tersebut diganti dengan ban yang baru.

Baca juga : Cara mudah mengajukan klaim asuransi kendaraan yang hilang

Pengertian Understeer Dan Oversteer

Lalu bagaimana seandainya hanya mampu mengganti 2 buah ban ketika kesemua ban benar benar aus?

Terkadang ada saja halangan bagi kita ketika akan mengganti ban sehingga membuat kita hanya mampu melakukan penggantian 2 buah ban saja pada sebuah mobil. Untuk itu sebaiknya lakukanlah penggantian ban pada roda yang berfungsi sebagai penggerak terlebih dahulu, mengapa demikian ? Karena roda yang berfungsi sebagai penggerak ini juga difungsikan sebagai pengontrol laju kendaraan. Coba bayangkan jika mobil yang sedang anda kendarai terjadi loss kontrol ?.

Baca juga : Arti dan manfaat dari coating mobil pada kendaraan anda

Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai arti dari understeer dan juga oversteer, semoga informasi diatas bisa memberikan kalian pemahaman yang lebih mengenai istilah istilah didunia otomotif. Jangan lupa dishare / dibagikan.


Advertisement