Home » » Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

Advertisement
Penyebab bau pada AC mobil - mengendarai mobil dengan AC yang menyala tentu akan menambah kenyamanan kita terlebih lagi jika suhu diluar sangat panas, kita didalam mobil masih bisa tersenyum bahagia karena tetap merasakan hawa yang sejuk dari AC mobil.

Namun apa jadinya jika ternyata udara yang keluar melalui blower AC tersebut mengeluarkan bau yang apek, tidak segar, bahkan bau busuk yang berhembus, menyalakan AC eh baunya menusuk hidung, tidak dinyalakan kok ya hawa didalam kabin mobil sangat panas sekali. tentu saja hal ini akan menambah ketidak nyamanan kita dalam berkendara menggunakan mobil kesayangan.

AC bau
image source : e-airllc.com


Penyebab AC mobil bau busuk

Kebanyakan masalah bau bauan yang keluar dari AC ini disebabkan oleh evaporator AC yang kotor baik itu kotor karena jarang dibersihkan, karena kesalahan kita yang suka merokok didalam kabin mobil dengan keadaan AC menyala, ataupun adanya hewan seperti cicak atau kadal yang terjebak didalam kisi kisi evaporator kemudian mati dan bau bangkai tersebut ditiup oleh blower keseluruh kabin.

Apa itu evaporator ?

Evaporator adalah salah satu komponen penting didalam sistem AC mobil yang berfungsi untuk menyerap seluruh hawa panas disekitarnya karena proses perubahan freon dari cair menjadi gas. Suhu panas disekitar evaporator akan diserap dan dibawa menuju ke bagian kondensor dan dibuang ke udara bebas dengan proses kebalikannya yakni dari freon gas yang dicairkan. Kemudian hawa dingin ini akan ditangkap oleh kisi kisi evaporator yang nantinya akan ditiup oleh blower keseluruh ruang kabin sehingga kabin mobil akan terasa sejuk menyenangkan.

evaporator
image source from : autoscope.co

Penyebab evaporator menjadi kotor

Banyak sekali kenapa evaporator ini menjadi kotor dan mengeluarkan bau yang sangat busuk yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Merokok ketika AC sedang menyala
Hal ini dapat membuat asap rokok terhisap oleh blower dan sisa sisa asap tersebut akan melekat pada kisi kisi evaporator. Lama kelamaan akan membuat evaporator berlendir dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Itulah kenapa banyak sekali peringatan dilarang merokok pada ruangan ber AC termasuk didalam mobil.

2. Adanya hewan kecil yang jatuh ke evaporator
Terkadang tanpa sepengetahuan kita ada hewan kecil seperti cicak, kecoa, kadal dan lain sebagainya yang keluyuran didalam kabin mobil milik kita. Ketika melewati bagian tertentu hewan ini akan terhisap dan jatuh kedalam evaporator dan terjebak disini kemudian mati. Nah bangkai hewan mati ini pastilah busuk sekali, dan ketika blower AC menyemburkan udara dingin dari evaporator otomatis bau busuk dari bangkai akan menyebar.

3. Usia evaporator yang sudah tua
Kejadian AC mobil bau yang diakibatkan karena sudah terlalu tuanya evaporator ini jarang terjadi, namun beberapa kasus memang demikian, AC bau busuk karena usia evap yang sudah tua dan perlu dilakukan penggantian.

4. Saringan udara atau filter kabin kotor
Beberapa jenis mobil memasang filter udara yang menyaring debu atau kotoran yang dibawa oleh blower agar tidak masuk kedalam kabin mobil. Selain menjaga kebersihan mobil keberadaan cabin filter ini juga bermanfaat bagi kesehatan pengendara karena debu tidak masuk dan terhisap oleh paru paru. Dan seiring lamanya waktu banyak sekali debu dan kotoran yang menumpuk pada filter udara ini sehingga membuat bau apek keluar. Disamping itu juga membuat AC menjadi terasa tidak dingin atau dinginnya berkurang.

cabin filter kotor


Cara mengatasi bau busuk pada AC mobil

Untuk mengatasi hal ini satu satunya jalan adalah anda harus melakukan pembersihan komponen evaporator ini. Karena letak dari evaporator ini berada dibawah dasboard mobil dan hanya tukang AC mobil saja yang mengerti maka sebaiknya serahkan pada ahlinya. Biaya pembersihan evaporator pun saat ini sangat terjangkan berkisar minimal 250 ribu sampai 400 ribu rupiah.

Baca juga : Fungsi dari oil cooler pada mobil atau motor

Nah sudah tahu kan apa penyebab bau pada AC dan cara mengatasinya ? semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan kepada teman teman lainnya.


Advertisement