Panther Masuk Angin ? Begini Mengatasinya

Advertisement
Cara atasi panther masuk angin - salam Panther mania, pada edisi kali ini kami akan membagikan artikel mengenai mobil panther yang masuk angin dan bagaimana cara mengatasinya.

Prinsip dasar dari mesin diesel berbeda dengan mesin bensin yang membutuhkan percikan bunga api dari busi atau spark yang memicu terjadinya pembakaran. Pada mesin diesel ini proses pembakarannya terjadi karena solar di injeksikan kedalam ruang bakar dan kemudian dicampur dengan udara dan dimampatkan dengan kompresi yang sangat tinggi sehingga terjadilah ledakan didalam ruang bakar tersebut.


isuzu panther

Salah satu problem mobil yang sering dialami oleh isuzu panther ini adalah fenomena masuk angin yang disebabkan oleh adanya gangguan aliran bahan bakar solar dari tangki menuju ruang bakar. Gangguan gangguan ini karena adanya udara yang ikut masuk kedalam ruang bakar dari selang saluran bahan bakar yang seharusnya vakum.

Hal ini biasanya akibat terlalu sering mengalami kekeringan tangki atau selalu telat mengisi bahan bakar sehinnga terjadilah yang demikian. Mobil panther yang bahan bakarnya terlalu rendah, ketika melewati jalanan tanjakan ataupun turunan maka posisi bahan bakar pun ikutan maju dan mundur sehingga pipa penghisap kadang loss, tidak menghisap solar melainkan juga menghisap udara yang ada didalam tangki.

Beberapa gejala umum yang bisa dirasakan ketika mobil panther mengalami masuk angin diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Fuel indicator atau indikator bahan bakar sudah berada dibawah garis pertengahan indikator sampai garis batas empty.
  • Kendaraan susah untuk dinyalakan, kalaupun bisa dinyalakan tidak dapat bertahan lama dan mobil akan segera mati lagi walaupun pedal gas sudah di injak injak.
  • Ketika mobil sedang dikendarai akan terasa sering los atau kehilangan powernya, kadang normal dan kadang tidak memiliki power walaupun pedal gas tidak dikurangi.
  • Yang terakhir adalah mobil panther setelah mengalami los power kemudian akan mati. Dan tidak dapat dinyalakan kembali.

Nah untuk mengatasi hal ini beberapa hal dibawah ini harus anda lakukan.

  • Matikan mesin mobil dan buka kap mesin mobil milik anda.
  • Didalam ruang mesin anda akan menemukan pompa bahan bakar tabung sedimenter yang posisinya berada pada samping kiri kendaraan didalam ruang mesin dekat dengan filter bahan bakar.
  • Pada pompa bahan bakar tersebut terdapat sebuah baut kecil yang bisa anda kendurkan dengan menggunakan kunci ring 10. Cukup anda kendurkan hingga terlihat lubang kecil pada body baut.
  • Ssetelah baut tadi kendur, pompalah secara manual pompa bahan bakar tersebut menggunakan tangan sampai terlihat adanya solar yang mengalir keluar dari baut tadi.
  • Pastikan solar tersebut keluar ( hanya solar ) dan tidak tercampur gelembung udara yang menandakan gelembung udara sudah tidak terjebak didalam.
  • Setelah selesai silahkan kencangkan kembali baut tersebut dan lanjutkan memompa sampai keras.
  • Kemudian cobalah starter dan bila berhasil mesin mobil panther akan segera menyala.
  • Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan dan silahkan cari SPBU terdekat untuk segera melakukan pengisian bahan bakar dan usahakan jangan pernah telat untuk melakukan pengisian bahan bakar mobil diesel anda.
pompa panther



Jika cara diatas masih tidak dapat menyelesaikan problem anda, ada kemungkinan juga terjadi penyumbatan didalam filter bahan bakar yang mengakibatkan suplay sopar berkurang kedalam ruang bakar. Silahkan mencoba melakukan penggantian filter bahan bakar and.

Baca artikel seputar panther dibawah ini :


Nah begitulah tips dan cara mengatasi mobil isuzu panther yang mengalami masuk angin. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: