Apa Itu SST Special Service Tools Otomotif

Advertisement
Pengertian SST - mungkin saja kalian pernah dengar dengan istilah SST di kalangan otomotif, namun anda tidak mengetahui kepanjangan dari SST dan malu hanya untuk sekedar bertanya dan lebih memilih mencari jawaban sendiri di mesin pencari google.

SST adalah kependekan dari Special Service Tools yang jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia kurang lebih berarti alat / peralatan servis yang memiliki kegunaan khusus untuk menangani pekerjaan tertentu dimana pekerjaan tadi tidak bisa dikerjakan hanya dengan mengandalkan alat bengkel standar.

Apa Itu SST Special Service Tools Otomotif


# Fungsi dari Special Service Tools ( SST )
Karena peralatan ini didesain secara khusus untuk menangani suatu pekerjaan yang rumit, sehingga fungsi dari peralatan ini sudah jelas yakni mempermudah dan mempersingkat waktu para teknisi dalam melakukan pekerjaannya ketika menggunakan peralatan SST tersebut dibandingkan jika menggunakan peralatan lainnya.

Tak terbayang bukan seberapa rempong dan mungkin juga waktu yang dibutuhkan menjadi sangat lama misalnya membuka saringan oli atau oil filter tanpa alat khusus pembuka oil filter.


# Jenis Jenis SST
Untuk jenis SST sendiri sangat banyak jumlahnya hingga ribuan bahkan ratusan ribu, sebagai contoh misalnya alat untuk melepaskan pilot bearing kampas rem, kunci pengencang baut torsi roda, kunci pembuka busi, dan lain sebagainya. Tentu saja jumlah dan nama - nama tadi tidak bisa saya sebutkan satu persatu disini karena bisa dipastikan kalian akan bosan membacanya.


# Apakah bisa membuat SST sendiri ?
Tentu saja jawabannya adalah sangat bisa sekali, karena memang SST adalah kunci khusus untuk menangani pekerjaan tertentu, selain kalian membeli alat tersebut di toko teknik, bila kalian bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang lebih murah dan dengan fungsi serta kemampuan yang setara atau bahkan lebih presisi kenapa tidak ?.

Di bengkel kami biasanya mengadakan lomba ide kreatif untuk menemukan cara atau teknik yang cepat dan tepat serta membuat kunci SST tadi jika memungkinkan.

Nah bagaimana semoga artikel yang sangat singkat ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua, dan jangan lupa untuk dibagikan artikelnya. Oh iya untuk contoh alat SST dan untuk apa alat SST tersebut digunakan bisa membaca tulisan kami lainnya dibawah ini.

Baca juga : Contoh alat SST ( special service tools ) dan fungsinya


Subscribe to receive free email updates: