Cara Merawat Ban Agar Awet

Advertisement
Perawatan ban - ban adalah komponen paling vital diantara komponen lain didalam kendaraan sebab ban memiliki fungsi fungsi khusus seperti mengatur arah laju kendaraan, menopang beban mobil, sebagai peredam dan lain sebagainya.

Dan harga ban mobil inipun tergolong mahal dan oleh sebab itu ada baiknya anda mengetahui cara melakukan perawatan pada ban. Hal ini bertujuan untuk kenyamanan, keawetan serta keselamatan anda tentunya. Dan beberapa cara merawat ban yang baik dan benar diantaranya adalah sebagai berikut :

Melakukan spooring dan balancing

Spooring dan balancing ini sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap jarak tempuh per 10.000km. Untuk mengetahui manfaat dari spooring dan balancing sendiri bisa kalian baca pada artikel edisi sebelumnya dengan judul Inilah manfaat spooring dan balancing yang harus kamu ketahui.

Perhatikan tekanan udara ban

Yang pertama adalah selalu rutin mengontrol tekanan udara didalam ban secara berkala sesuai dengan tekanan spesifikasi yang ada sesuai dengan buku petunjuk pengguna. Sebab tekanan ban yang kurang tepat dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara, kestabilan laju kendaraan sampai kontrol pengereman yang baik. Untuk waktu mengecek tekanan udara didalam ban ini bisa dilakukan setidaknya dua kali dalam satu bulan.

tekanan ban


Selain itu dengan memperhatikan tekanan udara yang sesuai dapat membuat ban menjadi lebih awet dan tahan lama. Hal ini juga berlaku dan berkaitan dengan seberapa berat muatan yang diangkut.

Melakukan rotasi ban secara berkala

rotasi ban mobil


Melakukan rotasi ban juga harus kalian perhatikan sebab melakukan rotasi ban ini dapat membuat ban menjadi lebih awet serta keausan ban bisa merata. Kenapa harus dirotasi segala ? , ingat pada bagian roda depan kendaraan, roda selalu bergerak belok kekiri dan kekanan yang mana keausan ban lebih cepat pada bagian depan. Dengan melakukan rotasi ini jangka pakai ban bisa menjadi lebih panjang.

Baca juga : Tujuan melakukan rotasi ban kendaraan

Perhatikan benda asing pada ban

Selanjutnya adalah mengenai benda benda asing yang kemungkinan menempel pada permukaan telapak ban seperti misalnya pecahan kaca, serpihan besi atau paku dan lain sebagainya. Sebab bila benda benda tersebut dibiarkan bisa dikhawatirkan menusuk ban dan membuat kebocoran.


Gunakan semir ban yang bagus

Memang memiliki ban dengan tampilan yang kinclong dan mentereng akan membuat mobil terlihat sangat terawat. Alih alih mendapatkan hasil yang mengkilap, yang didapat justru kerusakan di lain waktu sebab menggunakan semir ban yang tidak bagus. Oleh sebab itu jika kalian ingin membeli semir ban pastikan cari tahu lebih dahulu kualitasnya dengan cara bertanya kepada teman yang pernah memakainya.

Baca juga : Cara membuat semir ban mobil


Parkir di tempat yang teduh

Terkadang saking buru burunya kita memarkirkan kendaraan secara terburu buru di tempat terbuka yang panas. Kondisi panas ini selain tidak baik untuk permukaan cat juga berpengaruh terhadap usia pakai ban mobil. Pastikan kalian parkirkan mobil di tempat yang teduh guna mempertahankan kekenyalan karet ban mobil.

Jangan muat beban secara berlebih

Setiap ban memiliki spesifikasi muatan masing masing, dan jangan memaksakan mengangkut muatan yang melebihi kemampuan ban dalam menopangnya sebab dapat berakibat buruk seperti meledaknya ban didalam perjalanan.


Seringlah istirahat

Terkadang orang yang tidak tahu akan memacu kendaraan mereka secara terus menerus tanpa berhenti, padahal selain cara ini tidak bagus untuk keselamatan berkendara yang mungkin saja anda mengantuk ketika dijalan juga berakibat buruk terhadap ban mobil. Roda roda yang terus berputar tentu udara didalamnya akan panas serta tekanan semakin tinggi, jika dipaksakan ban bisa pecah di jalan dan mobil bisa terbalik.

Baca juga : Penjelasan Run flat technology yang wajib kamu ketahui

Nah itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kondisi ban menjadi lebih awet dan tahan lama. Dengan begitu kitapun akan bisa menghemat pengeluaran bukan. Selain itu perhatikan pula ketinggian kembang ban, keausan serta kerusakan yang terjadi. Jika tidak memungkinkan untuk dipakai, sebaiknya segera dilakukan penggantian.


Subscribe to receive free email updates: