Ciri Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

Advertisement
Kampas kopling adalah salah satu komponen yang ada pada kendaraan bermotor dengan fungsi utamanya adalah memutuskan dan menyambungkan putaran dari mesin menuju ke transmisi yang kemudian diteruskan lagi oleh batang propeller ke roda penggerak yang nantinya akan menggerakkan mobil untuk bisa maju ataupun mundur.

Kampas kopling termasuk komponen yang bisa aus dan habis sehingga penggunaannya perlu diperhatikan dan perlu diketahui bagaimana ciri kampas kopling yang habis sehingga nantinya tidak merusak komponen vital lain dan juga lebih menghemat bahan bakar kendaraan.

kampas kopling aus


Dan dibawah ini adalah beberapa ciri kampas kopling mobil yang sudah mulai habis dan sebaiknya sesegera mungkin diganti.

1.Lepas pedal kopling mobil tidak jalan ( berjalan namun pelan )

Pedal kopling jika dilepas maka pelat antar kopling akan saling bersinggungan sehingga mobil dapat berjalan. Bila ternyata ketika anda masukkan ke gigi 1 dan melepas pedal kopling dan mobil tidak berjalan sudah bisa dipastikan kampas kopling mulai habis.

2.Slip ketika oper perseneling

Seringkali orang tidak mengetahui bahwa selip yang terjadi pada saat mengoper gigi perseneling baik menambah maupun mengurangi adalah salah satu cici dari kampas kopling yang mulai habis. Bila hal demikian terjadi pada mobil anda sebaiknya diperiksakan ke bengkel resmi terdekat.

3.Mesin meraung raung namun mobil lambat berjalan

Karena kampas kopling tadi sudah mulai aus, hal ini menyebabkan pelat antar kopling tidak dapat bersinggungan secara sempurna dan akibatnya putaran dari mesin tidak dapat disalurkan secara sempurna ke transmisi sehingga terjadi hal yang demikian.

4.Mobil tidak kuat berjalan menanjak

Sudah bisa dipastikan bilamana mobil kesayangan kita tidak mampu menanjak di jalan tanjakan mengindikasikan bahwa kampas kopling mulai habis. Segeralah mengganti komponen tersebut untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal.

5.Top speed tidak tercapai maksimal

Karena kampas kopling tadi sudah mulai aus sehingga terjadi hal seperti yang saya sebutkan pada point nomor 2 diatas menjadikan top speed tidak tercapai, bisa tercapai namun membutuhkan waktu yang lebih lama dari semestinya sehingga hal ini akan membuat bahan bakar pun ikut boros.



Baca juga : Ketahui sebab setir mobil tidak kembali setelah belok

Nah itulah tadi beberapa ciri umum yang terjadi bila kampas kopling mobil sudah mulai habis. Jangan menunda melakukan penggantian komponen yang satu ini karena dapat mengakibatkan mobil tidak dapat berjalan sama sekali, bahan bakar menjadi boros hingga kerusakan komponen disekitar kampas kopling seperti rusaknya free wheel / roda gila.


Subscribe to receive free email updates: