Home » » Cara Merawat Bearing Roda Mobil Agar Awet

Cara Merawat Bearing Roda Mobil Agar Awet

Advertisement
Bearing roda adalah salah satu komponen yang ada pada mobil dengan fungsi utamanya adalah sebagai pengunci poros serta pemulus putaran roda. Tanpa komponen yang satu ini sudah bisa dipastikan roda tidak akan dapat berputar sebagaimana layaknya bukan ?.

Seringkali teman kita atau bahkan kalian sendiri yang mengalami bearing mobil mudah sekali rusak dan dalam kurang dari satu tahun kita sudah keluar uang untuk melakukan perbaikan atau penggantian bearing roda mobil akibat rusak.

lahar roda
bearing roda via www.youtube.com


Sebenarnya kerusakan bearing bisa kita hindari dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini.

Tips Merawat Bearing Roda

1.Jangan ngebut di jalanan jelek

Kadang kala ada orang yang memiliki mobil baru yang cara berkendaranya ugal ugalan, jalanan jelek bergelombang serta berkerikil pun dilibas dengan kecepatan tinggi karena merasa suspensi mobil baru tersebut nyaman. Namun diluar itu, mobil yang cara pemakaiannya seperti ini lambat laun bearing roda akan cepat rusak akibat tingginya getaran yang diterima oleh si bearing. Maka dari itu jika kalian melewati jalanan yang jelek,nikmati saja perjalananmu dengan berkendara secara perlahan.

2.Tidak pernah menyetel bearing

Mobil sekelas kijang kapsul ataupun isuzu panther memiliki bearing yang dapat disetel kekencangannya. Sebaiknya sesekali diperiksa apakah kekencangan dari bearing tersebut sudah bagus ataukah tidak dengan jalan mendongkrak bagian depan mobil, kemudian menggerak gerakkan ban. Bila timbul oblak bisa jadi bearing terlalu longgar dan perlu untuk disetel. Cara menyetelnya cukup mudah, silahkan bongkar bagian roda dan rapatkan mu penyetel bearing sampai benar benar rapat, kemudian kembali longgarkan mur penyetel sebanyak 1/8 putaran, hal ini menghindari agar tidak terlalu kencang karena bisa mengakibatkan bearing roda hancur.

3.Lakukan OH Bearing secara berkala

Untuk mobil seperti isuzu panther dan juga ijang kapsul lakukanlah perawatan berkala berupa OH bearing yang bertujuan agar bearing terbebas dari kotoran serta memiliki masa pakai lebih lama.

Baca juga : Inilah pertanda kampas kopling mobil mulai habis

Itulah tadi beberapa item perawatan bearing roda yang wajib anda lakukan dan perhatikan agar kondisi kaki kaki mobil tetap terawat dan awet. Semoga membantu dan jangan lupa untuk dibagikan.


Advertisement