Home » , » Tips Cara Merawat AC Mobil Yang Benar

Tips Cara Merawat AC Mobil Yang Benar

Advertisement
Perawatan AC mungkin bagi sebagian orang masih merasa bingung bagaimana cara merawat AC mobil yang baik dan benar,dikarenakan mereka para pemilik mobil sendiri tidak mendapatkan edukasi yang tepat mengenai tata cara melakukan perawatan AC mobil.

Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit tips mengenai cara yang benar merawat AC mobil yang bisa kalian lakukan sendiri dirumah dan tentu saja caranya sangat mudah.

cara merawat AC mobil
car air conditioning via : autorepairbox.com

Tips Jitu Merawat AC Mobil


1.Kontrol nyala AC

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk merawat AC agar tidak mudah rusak adalah dengan selalu mengontrol nyala AC,kalian boleh menyalakan AC dengan kecepatan low atau mid,tapi alangkah baiknya anda nyalakan secara full,alasannya adalah yang pertama agar clucth magnetik AC dapat berkinerja dengan baik,dan yang kedua adalah agar kotoran seperti debu dan lain lain tidak terlalu banyak mengendap didalam saluran blower AC.

2.Bersihkan filter AC

Banyak juga loh ternyata yang tidak mengetahui dimana letak filter atau saringan udara AC,letak filter AC biasanya terletak pada bagian laci kabin penumpang depan kiri,ada beberapa mobil yang memiliki letak filter tepat di bagian paling bawah dari dasboar mobil seperti contohnya nissan grand livina. Ambil dan semprotlah filter tersebut agar debu tidak mengendap paling tidak satu bulan sekali,debu yang terlalu banyak bersarang didalam filter justru membuat udara menjadi tidak dingin lagi. Dan bila ternyata filter ini sudah sangat kotor dan tidak dapat dibersihkan maka sebaiknya dilakukan penggantian.

3.Perhatikan isi freon

Salah satu zat yang dapat membuat AC menjadi lebih dingin adalah gas freon, kontrol apakah freon masih ada,berkurang ataukah habis melalui lubang kontrol yang ada dialam kabin mesin, jangan biarkan AC menyala tanpa freon karena dapat mengakibatkan komponen kompressor AC menjadi rusak.

4.Kurangi udara luar yang masuk ke kabin

Kadang kala kita membuka kaca mobil ketika sedang berjalan, hindarilah kebiasaan yang seperti ini karena membuka kaca ketika mobil sedang berjalan akan membuat debu dari luar masuk kedalam kabin yang tentu saja selain tidak baik untuk sistem pernafasan anda, tidak baik pula untuk AC mobil ( walaupun telah dilengkapi filter AC,partikel kecil dari debu tetap tersirkulasi dan merusak komponen AC.

5.Rajin service berkala

Yang terakhir adalah dengan rutin melakukan servis secara berkala guna memperkecil kemungkinan kerusakan. Biasanya setiap servis ada pengecekan evaporator AC,anda bisa meminta membersihkan evaporator bila tercium bau tidak sedap ketika menggunakan AC, karena bisa jadi evaporator telah kotor dan memang perlu diperhatikan.

Itulah tadi sekilas tips perawatan AC mobil yang bisa kalian lakukan, Selalu rajin merawat AC akan membuat kinerja AC tetap terjaga dan juga menambah kenyamanan anda dalam berkendara.

Baca juga Penyebab tierod mobil cepat rusak dan cara mengetahuinya


Advertisement

Advertisement