Penyebab Tie Rod Cepat Rusak,Cara Cek Kerusakan Tie Rod

Advertisement
Tie rod adalah salah stau komponen paling penting diantara ribuan part lain yang ada pada mobil. Tanpa sebuah tie rod tentu kita tidak akan bisa mengendalikan stir kemudi. Karena memang fungsi utama dari tie rod ini adalah untuk membelokkan roda ke kiri dan kekanan.

Dan apabila komponen yang satu ini rusak,tentu pengendalian mobil akan menjadi labil dan terkesan liar,setir berubah ubah kedudukannya,dan yang paling parah adalah membuat ban menjadi aus bergelombang, bila hal ini dibiarkan tentu akan berakibat lebih fatal seperti terlepasnya tie rod sehingga terjadilah kecelakaan.

long tie rod rusak
ilustrasi long tie rod


Untuk penyebab rusaknya tie rod ini pun bervariasi dan banyak sekali faktor penyebabnya yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1.Jarang Dilakukan Spooring

Spooring adalah salah satu item perawatan berkala yang tidak tertera didalam buku pedoman servis,inilah yang membuat banyak pemilik mobil tidak tahu fungsi dari spooring. Spooring ini memiliki fungsi yang beragam dan salah satunya adalah memelihara komponen kaki kaki mobil ( termasuk tie rod ) agar tidak cepat aus atau rusak.

2.Pemakaian kendaraan yang ugal ugalan

Ugal ugalan yang dimaksud disini bukan seperti pengendara sepeda motor yang kebut kebutan,melainkan ugal ugalan ketika melewati jalanan yang tidak rata,berbatu dan jelek namun dengan kecepatan tinggi. Sudah tentu hal ini selain cepat merusak tie rod,juga dapat mengancam keselamatan berkendara. Untuk itu pakailah mobil secara perlahan lahan bila menemui jalanan yang seperti ini.

3.Kurangnya perawatan dan perhatian

Kadang kala orang ogah memeriksa bagian bagian steering kemudi ini,padahal ongkos untuk pengecekan understeel sendiri termasuk murah tidak sampai Rp.10.000 rupiah. Salah satu item yang di cek ketika melakukan pengecekan understeel adalah memeriksa But penutup long tie rod,bila but pemutup tersebut robek tentu partikel kecil seperti pasir akan masuk kedalam sehingga mempercepat proses kerusakan.

Nah dari ketiga ulasan tadi dapat disimpulkan bahwa kerusakan tie rod dapat terjadi karena kondisi jalan,cara pemakaian,serta keteledoran dari sang pemilik mobil .

Baca juga Apakah anda biker? Pakailah alat ini sebelum touring


Subscribe to receive free email updates: