Ban Dual Compound,Pengertian Dan Pengaplikasiannya

Advertisement
Apa itu ban dual compound ? - mungkin itu yang pertama kali terlontar dari mulut anda bila baru pertama kali mendengar istilah tersebut.

Pengertian Ban Dual Compound

Ban dengan tehnologi dual compound adalah ban yang diciptakan khusus untuk sepeda motor yang menggunakan bahan atau jenis material dengan tingkat kekerasan yang berbeda. Biasanya ban pada bagian paling tengah terbuat dari karet ban yang lebih keras dibandingkan pada bagian sisi kiri dan kanannya,untuk ilustrasi lebih jelas lihat gambar dibawah ini.

ban dual compound


Keterangan gambar


  • Warna kuning ( bagian luar ) terbuat dari bahan yang lebih lunak.
  • Warna orange ( tengah ) terbuat dari bahan yang lebih keras.


Fungsi Ban Dual Compound

Fungsi diciptakannya ban dengan dua material yang berbeda ini adalah untuk menambah performa,kecepatan serta akselerasi yang lebih stabil dijalanan. Ban pada bagian tengah dengan material yang keras ini sangat baik untuk daya akselerasi serta pengereman,sedangkan ban pada bagian sisi luar,dengan material yang lebih lunak ini ditujukan untuk menambah daya cengkeram ban terhadap aspal jalan ketika sedang bermanuver di tikungan.

Dan tentu saja ban model ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan balapan,dan senang meliak liuk di tikungan bak pembalap MOTO GP.

Baca juga Daftar harga ban tubeless untuk sepeda motor terbaru


Subscribe to receive free email updates: