Home » » Inilah Akibat Tidak Mengganti Oil Filter

Inilah Akibat Tidak Mengganti Oil Filter

Advertisement
Oil filter kadang kala dianggap sepele oleh sebagian orang / pemilik mobil,padahal harganya pun tidak sampai 50 ribu rupiah. Banyak sekali alasan mereka tidak mau mengganti oil filter mereka semisal karena jarak tempuh belum terlalu jauh,tidak membawa uang cukup ( bawa uang pas ) dan lain sebagainya.

Padahal efek yang ditimbulkan oleh tidak digantinya oil filter ini sangat besar sekali,bahkan dapat mengakibatkan kerusakan mesin . Kotoran atau gram besi yang telah larut didalam oli dan seharusnya disaring oleh oil filter ini,akan lolos begitu saja melalui bypass filter yang dikarenakan kotornya filter dan sudah tidak mampu lagi menyaring kotoran,dan secara otomatis kotoran tersebut dikembalikan atau dipompa keatas guna melumasi bagian mesin seperti camshaf,crankshaf dan lain lain.

Baca juga : Mau beli mobil bekas ? Jangan terjebak akan hal ini

oil filter

Lambat laun part seperti camshaf dan dudukan metal akan terkikis oleh gram besi tadi,dan alhasil camshaf dan metal duduk akan cacat sehingga menimbulkan bunyi ketukan didalam mesin. Dan bila dibiarkan tentu akan semakin parah dan pada akhirnya mesin pun akan mengalami kerusakan parah.

Bila sudah begitu, pada akhirnya harus melakukan perbaikan yang akan memakan biaya yang tentunya menguras kantong anda,karena kebanyakan kasus yang seperti ini harus turun mesin. Sekedar informasi biaya turun setengah mesin rata rata adalah sekitar 3juta rupiah dan ini belum termasuk dengan biaya pembelian komponen jika mengalami kecacatan seperti metal duduk, metal jalan dan lain sebagainya. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelas mengenai kerusakan akibat telat melakukan ganti saringan oli mesin.

mesin rusak telat ganti saringan oli

Baca juga : Inilah fungsi oil cooler pada kendaraan

Nah apakah kalian masih enggan atau malas mengganti oil filter mobil kesayangan anda? Maka dari itu rajinlah melakukan servis berkala dan lakukan penggantian komponen apa saja yang memang perlu sekiranya untuk diganti agar tidak timbul masalah serius dikemudian hari. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan ya


Advertisement