Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar

Advertisement
Boros Bahan Bakar - Naiknya harga bahan bakar minyak yang tiap tahun kian tinggi tentu membuat anda harus berfikir lebih bijak dalam menggunakan bahan bakar kendaraan anda. Memang kenaikan harga bahan bakar tidak dapat dihindari karena semakin hari minyak mentah yang merupakan barang habis yang tidak bisa untuk diperbarui stoknya semakin menipis.

Sebagai pemilik kendaraan anda juga dituntut untuk memahami cara berkendara yang benar,bukan hanya bisa menggeber gas se enaknya saja sehingga bahan bakar yang seharusnya dapat dihemat pun terbuang sia sia dijalanan.

cara hemat bahan bakar

Masalah yang umum yang terjadi pada kendaraan biasanya adalah masalah borosnya pemakaian bahan bakar yang berbeda ketika kendaraan pertama kali dipakai atau di kisaran jarak tempuh dibawah 20.000 Km. Banyak penyebab kenapa bahan bakar bisa menjadi boros dan berikut akan saya bagikan penyebab bahan bakar terasa boros :



1. Jenis Kendaraan
Beberapa jenis kendaraan memiliki banyak perbedaan yang sakah satunya adalah tingkat konsumsi bahan bakar yang berbeda di setiap jenis kendaraan tersebut. Untuk itu anda diharapkan kritis sebelum membeli kendaraan.

2. Jenis bahan bakar yang berbeda
seperti yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum,( bila anda belum mengetahui ini adalah artikel yang tepat untuk anda ) bahwa tehnologi yang diaplikasikan pada kendaraan selalu ditingkatkan,baik untuk mesin maupun untuk kita serta lingkungan hidup.

Saat ini ada tehnologi yang diebut euro 2 dimana emisi gas buang sangat diperhatikan agar tidak menjadi polusi bagi lingkungan hidup,dan kadar oktan yang ada didalam bensin pun semakin bertambah. Hal ini dimaksudkan agar sesuai dengan mesin mesin standar euro 2 yang memiliki tingkat kompresi yang tinggi.

3. Pemakaian Yang Salah
Nah yang ini adalah penyebab yang paling sering terjadi,banyak orang mengeluhkan kendarannya boros bahan bakar padahal dia atau orang yang meminjam kendaraan tidak mengerti cara berkendara yang baik. Melakukan pengereman secara mendadak,menginjak pedal gas ( mobil ) atau menarik gas ( motor ) dengan cara di sentak sentak dan tidak sesuai petunjuk pemakaian adalah 80% penyebab borosnya bahan bakar.

4. Beban kendaraan
Berat beban yang diangkut tidak mungkin setiap hari sama bukan?,semakin berat beban yang dibawa oleh kendaraan maka semakin berat pula kerja mesin dan itu membutuhkan suplay bensin yang semakin banyak bukan?.

5. Modivikasi
Nah kalau masalah modivikasi tentu kita semua pernah melakukan hal ini. Melakukan modivikasi juga mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar,misalnya saja mengganti velg mobil dengan jenis velg variasi berbahan metal mengkilap ( chrome ).

Velg standard dibuat dari bahan plat besi baja atau Aluminium ini dimaksudkan agar beban kendaraan tidak terlalu berat khususnya pada bagian kaki kaki. Bayangkan saja ketika anda hendak berlari dengan kaki anda yang diberi beban tambahan tentu anda membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk berlari.

6. Kondisi Ban
Ban yang gundul tidak memiliki traksi yang baik terhadap jalanan dan ini adalah salah satu penyebab borosnya pemakaian bahan bakar. Tekanan udara yang tidak sesuai standard juga sangat berpengaruh terhadap tingkat konsumsi bahan bakar.

7. Busi yang lama tidak diganti
Busi adalah salah satu bagian vital yang memiliki fungsi sebagai pemantik dalam proses pembakaran. Bila busi lama atau jarang diganti tentu nyala listrik didalam busi tidak bagus sehingga proses pembakaran menjadi terganggu,Bensin yang ada didalam silinder tidak terbakar sepenuhnya dan biasanya hal ini menyebabkan mesin pincang. Gantilah busi secara berkala setiap 5.000Km untuk motor dan tiap 10.000Km untuk mobil. Jangan menunggu busi rusak baru dilakukan penggantian.

8. Jarang Service
Jika anda jarang servis tentu hal ini wajar bila kendaraan anda menjadi boros dan turunnya performa mesin. Servis berkala ini meliputi tune up untuk menjaga performa mesin tetap terjaga .



Subscribe to receive free email updates: