Penyebab Mobil Narik Ketika Di Rem

Advertisement
Mobil narik ketika di rem memang kadang membuat kita sebagai sang driver dibuat pusing karena kondisi tersebut selain menganggu perasaan juga sangat berbahaya bila kita tidak tanggap mengenai hal tersebut. Bayangkan saja bila kita melakukan pengereman mendadak dan mobil tiba tiba mengenggol kendaraan lain karena mobil berbelok sendiri ketika di rem.

Pengalaman yang sering saya dapat di bengkel tempat saya bekerja saan ini yakni NISSAN penyebab mobil narik ke salah satu sisi ketika di rem adalah sebagai berikut.

1. Rem lemah disalah satu sisi

Maksud dari rem lemah adalah kondisi dimana pada salah satu saluran minyak rem terdapat gelembung udara yang menyebabkan tidak maksimalnya pengereman. Jadi misal mobil narik kiri ketika di rem berarti pada selang rem bagian depan kanan terdapat gelembung sehingga rem sebelah kanan tidak mampu mencengkeram dengan baik.

Pemeriksaan : angkat roda depan kendaraan kemudian sat orang menginjak pedal rem,silahkan di kira kira bisa separo tekan atau 1/3 tekanan pedal. Satu orang lagi memutar roda depan kiri dan kanan dan rasakan perbedaannya. Bila salah satu roda ada yang terputar dan satu lagi tidak maka rem lemah di satu sisi.

Solusi dari keadaan ini adalah dengan membleding minyak rem.



mobil narik kiri

2. Piston rem macet


Piston rem yang macet bisa menyebabkan mobil narik ke salah satu sisi ketika di rem,bahkan didalam kondisi yang parah mobil akan berlanjut narik kekiri secara terus menerus.

Solusi : Solusi dari hal ini adalah melakukan OH piston.

3. Pen kaliper yang bengkok

Terkadang penggunaan rem yang kurang baik menyebabkan bengkoknya pen caliper seperti melakukan pengereman dengan cara menghentak. Hentakan yang bertubi tubi ini yang lambat laun menyebabkan pen calier bengkok.

pemeriksaan: dongkrak dan lepaskan roda,kemudian bongkar pen kaliper dan keluarkan kampa rem. Tutup dan keraskan baut kaliper kemudian gerakkan kaliper rem maju mundur,bila tidak bisa maju atau mundur berarti pen caliper memang bengkok.

Solusi : lakukan penggantian pen caliper rem.

Nah itulah tadi beberapa alasan kenapa mobil narik ke salah satu sisi bila di rem. Karena sumber masalah ada pada sistem pengereman karena hanya ketika di rem saja nariknya. Namun bila mobil narik beberapa meter tanpa di rem itu karena sudut geometri berubah dan harus dilakukan SPOORING.

Subscribe to receive free email updates: