Home » » PERSIAPAN SEPEDA MOTOR SEBELUM MUDIK

PERSIAPAN SEPEDA MOTOR SEBELUM MUDIK

Advertisement
Tips mempersiapkan motor sebelum mudik - bagi anda yang terbiasa mudik dengan menggunakan sepeda motor alangkah baiknya anda melakukan perawatan khusus jauh hari sebelum hari H tiba,bisa satu atau dua mingu sebelum anda mudik agar ketika waktunya tiba anda sudah tidak khawatir didalam perjalanan anda nantinya sehingga mudik pun terasa lebih nyaman dan menyenangkan :-).

Untuk servis sendiri yang ringan yang bisa anda lakukan di rumah adalah pengecekan bagian bagian seperti tersebut dibawah ini.

PERSIAPAN SEPEDA MOTOR SEBELUM MUDIK
Source of image by  flipsideadventuretravel.com


CEK KARBURATOR
Komponen yang satu ini termasuk kedalam komponen penting didalam kendaraan bermotor dengan fungsi utama sebagai ruang campur antara ahan bakar dan udara yang nantinya masuk ke ruang bakar. Anda dapat melakukan pembongkaran pada bagian ini dan melakukan pembersihan kerak - kerak yang menempel didalam dinding karburator. Karena karburator yang kotor dan berkerak dapat menyebabkan kurangnya daya tarik ( geber ) motor bahkan bisa tersendat.
Untuk motor dengan tehnologi injeksi anda cukup memeriksa sistem fuell injeksi nya saja.

PELUMAS / OLI
lakukan penggantian pelumas mesin ketika anda hendak melakukan perjalanan mudik,gantilah dengan oli standard yang disarankan oleh dealer yang mengeluarkan kendaraan anda. Penggantian pelumas mesin adalah per jarak tempuh 2000km atau satu bulan sekali yang mana tercapai lebih dahulu.

PERIKSA IGNITION.
Untuk masalah sistem pengapian berupa BUSI sebaiknya langsung saja anda lakukan penggantian sebelum melakukan perjalanan jauh ( mudik ),persiapkan pula cadangan paling tidak dua buah busi di dalam jok motor anda.

PERIKSA BEARING RODA.
memang lahar luput dari pemeriksaan si pengendara,mungkin dapat anda katakan sepele hanya sebuah lahar,namun justru lahar sangat berperan penting dalam kestabilan ketika berkendara. Bila lahar sudah tidak bagus kendaraan akan terasa goyang dan susah untuk dapat dikendalikan,dan pastinya anda tahu akibatnya bukan!. Cara memeriksanya adalah dengan cara menggoyang goyangkan roda motor.

GEAR SET DAN KOMPONEN REM.
Periksa juga pada bagian ini,bila kampas rem terlihat tipis jangan menunda lagi dan sebaiknya langsung anda ganti dan lakukan penyetelan tinggi rem. Begitu juga dengan gear set bila ujung ujung gigi gear sudah aus yang ditandai dengan ujung gigi berbentuk runcing segeralah untuk menggantinya.

Untuk kendaraan betipe MATIK anda dapat memperhatikan komponen v belt,roller,saringan udara,serta oli penggerak mesin bila kendaran telah menempuh jarak 20000km.

dengan anda melakukan perawatan berkala maka perjalanan mudik anda insya allah lebih nyaman dan menyenangkan tanpa gangguan motor mogok dan sebagainya :-D.


Advertisement