Bolehkah Mencuci Bagian Mesin Mobil

Advertisement
Mencuci mesin mobil agar mobil terlihat bersih tentulah kita harus rajin dalam merawat dan menjaga kebersihan. Mulai dari interior mobil di bagian bawah tempat duduk,kursi/jok mobil,lipatan-lipatan karpet hingga dasboard mobil pun harus wajib untuk dibersihkan. Setelah interior selesai bagian exterior berupa body dan kolong mobil tak luput dari sampo dan sabun mobil.

sekarang tampilan sudah oke,namun masih ada yang terasa kurang dan memang benar ketika kita membuka kap mesin pada mobil menemukan pemandangan seperti foto yang saya ambil di bengkel kemarin seperti ini .

Bolehkah Mencuci Bagian Mesin Mobil

Bila anda rajin membersihkan bagian ruang mesin mungkin tidak jadi masalah karena tidak akan terjadi penumpukan kerak kotoran. Namun apabila anda jarang bahkan tidak pernah membuka kap mobil untuk sesekali melihat kondisi mesin ( hanya mngandalkan bengkel pada saat servis ).
mungkin ada sebagian dari anda banyak yang ragu dan  bertanya apakah bagian tersebut bisa untuk dicuci?.Apakah nanti setelah dicuci tidak berkarat?,apakah mesin tidak rusak kalau dicuci seperti itu?


maka saya menjawab YA,bisa dicuci namun dengan keahlian khusus dan pengetahuan dalam mencuci ruang mesin.

Untuk itu anda silahkan saja pergi ke bengkel khusus yang bisa menangani masalah ini,biasanya di bengkel/dealer resmi menyediakan jasa cuci ruang mesih yang kurang lebih biaya nya sekitar !50 hingga 250 ribu rupiah.Namun apabila anda ingin melakukan sendiri dirumah dengan alasan agar lebih hemat lakukan cara berikut ini :.

ALAT YANG HARUS DISEDIAKAN.


  • selang air,jangan lupa kerannya ya.
  • ember kecil tempat sabun.
  • sabun cuci,bisa menggunakan deterjen.
  • spoon kasar dan sikat yang terbuat dari bahan plastik.
  • penyemprot angin ( kompressor ).
  • cairan anti karat,bisa menggunakan KIT / cairan silikon khusus mobil ( bukan silikon buat suntik ).


CARA MENCUCI MESIN MOBIL


  • tuang sabun ke dalam ember ( jangan terlalu banyak karena nanti menimbulkan banyak busa ) dan aduk secara perlahan.
  • hubungkan selang air ke kran air guna menyemprot bagian dalam ruang mesin hingga basah semuaya,bila sudah basah silahkan anda cuci menggunakan sabun layaknya anda mencuci sepeda motor.
  • bersihkan kotoran dan kerak yang menempel menggunakan spoon,bila membandel gunakan sikat plastik tadi hingga bersih.
  • Bila sudah selesai silahkan anda bilas sampai dengan cara menyemprotkan air melalui selang hingga bersih.
  • gunakan penyemprot angin untuk mempercepat pengeringan dan juga mengeluarkan sisa sisa air yang ada di bagian cekungan cekungan .
  • langkah selanjutnya adalah dengan menyemprotkan anti karat berupa KIT atau silikon cair ke seluruh bagian mesin dan ratakan menggunakan semprotan angin tadi hingga terlihat mengkilap.
  • yang terakhir silahkan anda hidupkan mesin mobil.


dan itulah tadi cara mencuci ruang mesin ,dengan begitu kondisi mesin anda akan terlihat seperti kondisi mesin pada mobil baru. Tahap selanjutnya silahkan anda rutin membersihkan bagian ruang mesin menggunakan kain lap yang sudah diberi sedikit pelumas guna menghilangkan debu seusai mobil di gunakan.

Kata kunci artikel :
Cara mencuci mesin mobil
amankah mencuci mesin mobil
tutorial mencuci mesin mobil


Subscribe to receive free email updates: