PENYEBAB AC MOBIL KURANG DINGIN

Advertisement
Penyebab AC mobil tidak dingin - melaju dengan mobil kesayangan di jalanan kota sangat menyenangkan apalagi bila cuaca diluar begitu panas maka AC lah yang menjadi andalan untuk mendinginkan ruangan dalam mobil.namun apa jadinya bila AC sudah di setel ke batas maksimum namun masih terasa kurang begitu dingin.serasa hanya seperti angin saja yang keluar dan bukan hawa dingin dari AC.

Penyebab umum AC mobil tidak dingin

Ada dua penyebab yang pasti bila anda merasakan udara AC anda tidak lagi dingin seperti biasanya, yang pertama adalah menumpuknya kotoran debu yang ada di dalam cabin air filter / saringan AC sehingga hawa dingin terhalang debu .Untuk itu rajinlah membersihkan cabin air filter yang letaknya di bagian dalam laci depan kiri. cabut saja laci tersebut dan nanti disana anda akan menemukan saringan udara blower AC.silahkan anda bersihkan dengan cara menyemprotkan angin bertekanan tinggi atau sekedar memukulkan saringan ke lantai.

PENYEBAB AC MOBIL KURANG DINGIN
source : liektoyota.com

Baca juga : 8 komponen penting di sistem AC mobil

Lalu yang kedua adalah cairan freon yang memang sudah habis dan saatnya untuk di isi ulang dengan cairan freon yang baru.Untuk mengetahui cairan freon masih ada ataukah sudah habis anda bisa melakukan pengecekan simple yaitu dengan cara membuka penutup freon yang ada di sekitar ruang mesin, lalu anda tusuk dengan lidi dan sebagainya. Bila timbul suara cesss berarti cairan masih ada.namun apabila anda tidak mendengan suara apapun hal ini menandakan bahwa freon benar benar habis. silahkan anda isi ulang di tempat yang menyediakan jasa isi ulang freon.

Selain penyebab umum diatas,ada beberapa penyebab lain seperti:

  • Beberapa penyebab umum AC tidak dingin diantaranya adalah.
  • Sekring AC putus.
  • Resistor variable pengatur suhu AC rusak.
  • Pulley kompressor AC tidak berputar kemungkinan macet/vbelt telah putus.
  • Relay magnetik rusak sehingga fungsi on dan of tidak bekerja dengan baik dan hasilnya adalah AC hanya menghembuskan angin saja.

Baca juga : Bunyi ngik ketika injak kopling ? Perhatikan hal ini

Memang keberadaan dari AC mobil ini sangat sangat dibutuhkan sekali terlebih ketika kita melakukan perjalanan yang cukup jauh dan menguras tenaga, disamping itu adanya AC pada mobil ini juga bermanfaat bagi kendaraan ketika dimusim hujan. Selain itu bila sewaktu waktu anda terjebak macet anda tidak akan terasa kepanasan bukan ? :). Mungkin beberapa artikel kami yang lain yang masih berkaitan dengan masalah AC dapat berguna dibawah ini :


  1. Inilah manfaat AC mobil disaat musim hujan
  2. Waspada jangan tidur dimobil dalam keadaan AC menyala
  3. Penyebab AC mobil bisa bau busuk
  4. Penyebab AC mobil bunyi berisik saat dinyalakan



Nah itulah beberapa penyebab yang membuat sering kali AC mobil kesayangan menjadi tidak dingin. Untuk informasi lebih lanjut mengenai AC mobil anda bisa mendatangi ahli servis AC mobil di kota anda. Semoga bermanfaat dan silahkan di share.


Subscribe to receive free email updates: