Home » » hal sepele yang berakibat fatal bagian 1

hal sepele yang berakibat fatal bagian 1

Advertisement
hingga detik ini masih sangat banyak yang dapat ditemukan kebiasaan pemilik mobil yang salah kaprah.hal - hal yang dilakukan biasanya bersumber dari hanya sebuah mitos ( katanya ),atau memang kebiasaan mereka yang memang salah namun mereka masih mengulang terus menerus kesalahan tersebut.

namanya saja mitos yang bersumber dari "KATANYA",pasti hanya sebuah pernyataan yang tanpa disertai alasan dan bukti secara tehnis mengenai mitos itu sendiri.
misalkan salah satu contoh yang bis anda lihat adalah mengeber pedal gas mobil beberapa detik sebelum mobil tersebut diparkirkan bahkan ada yang menggeber diatas batas normal rpm.mitosnya adalah agar aki tidak tekor bila nanti sudah lama diparkir dan membuat aki pada mobil menjadi awet.
kebiasaan ini sering saya lihat ketika saya melihat customer di bengkel saya bekerja di toyota auto 2000 yang hendak memarkirkan mobilnya.

pernyataan yang mereka berikan cukum membuat saya tertawa karena katanya mobil yang akan diparkirkan akan mendapat suplay listrik sesaat dari alternator sebelum mobil dimatikan.justru hal yang seperti ini yang dapat membuat kerusakan yang seharusnya tidak terjadi dan tentunya akan menambah pengeluaran biaya servis.

agar anda terhindar seperti ilustrasi diatas berikut tindakan lain yang terkadang dianggap sepele namun dapat berakibat fatal yang harus anda hindari adalah sebagai berikut.

MEMANASI MESIN.
masih banyak pemilik mobil yang melakukan ritual pagi sebelum bepergian dengan menyalakan mobil terlebih dahulu beberapa menit sebelum berangkat.terlebih para pemilik mobil tua seperti kijang,corolla jadul dan sebagainya,bila anda termasuk yang seperti ini sebaiknya tidak terlalu lama,selain membuang waktu juga boros bensin dan menambah polusi.
alasan orang memanasi mobil ialah bermaksud memberikan kesempatan pada oli supaya bisa melumasi setiap komponen didalam mesin dengan baik. dipanasi atau tidak sebenarnya oli sudah tetap melekat didalam semua komponen.

LANGSUNG STARTER.
pernahkan anda memutar kunci mobil dari posisi off langsung start.atau anda putar ke posisi on terlebih dahulu dalam beberapa detik kemudian anda start.karena didalam mobil ada ketentuan pengunaan dan tidak semua mobil sama.
memutar posisi dari off ke on terlebih dahulu beberapa detik,hal ini akan membuat seluruh komponen elektrikal yang memang membutuhkan suplay listrik dan perintah ECU dapat bekerja dengan baik.salah satu contoh yang mensyaratkan seperti demikian adalah jenis innova diesel,didalam buku panduan pengguna disebutkan untuk melakukan hal tersebut agar komponen pemanas,pompa bensin serta komponen lain dapat stanby sebelum akhirnya di starter.
maka dari itu rajin lah membaca buku panduan pemilik kendaraan untuk mengetahui dan mengenal lebih dalam mobil anda. jangan hanya disimpan didalam laci mobil saja.

by : freehdwalls.net


MENGANGKAT WIPER SAAT PARKIR.
Masih sangat banyak yang saya jumpai keadaan seperti ini. alasan mengankat wiper katanya agar karet wiper lebih awet dan terhindar dari panas kaca akibat terpaan sinar matahari.diangkat ataupun tidak karet wiper akan terkena debu dan panas bukan?. merawat wiper anda tidak harus repot repot dengan cara seperti itu,karena hal ini hanya akan merusak pegas yang ada didalam batang wiper.lama kelamaan tekanan akan melemah dan hasilnya adalah sapuan wiper menjadi tidak sempurna karena lemahnya tekanan batang wiper ke kaca.

bersambung ke halaman selanjutnya.
Advertisement

Advertisement