Biaya OH Clutch Mobil

Advertisement
Automotivexist.blogspot.com - biasanya mobil yang bermasalah di bagian kampas kopling nya menyebabkan tarikan menjadi loyo bahkan tidak kuat di tanjakan sehingga selain membuat boros penggunaan bahan bakar, juga bisa membahayakan pengendara lain di belakang jika kita kurang lihai dalam memainkan gas saat macet di tanjakan.

Penyebabnya beragam, mulai dari melemahnya kemampuan master clutch, kotornya bagian fly wheel, sampai yang terparah adalah sudah aus nya kampas kopling sehingga mengharuskan kita mau tidak mau harus melakukan Over Haul untuk memastikan problem yang ada.

Biaya OH Clutch Mobil
Image by AGS automatic

Pengertian OH / Overhaul

Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya jika kalian memahami apa yang dimaksud dengan OH/Overhaul yakni Overhaul adalah sebuah tindakan pembongkaran terhadap komponen tertentu pada kendaraan yang selanjutnya akan diteliti dengan seksama baik secara visual maupun menggunakan alat ukur guna memperoleh data valid sehingga bisa diambil langkah lanjutan / perbaikan.

Nah jadi pada proses overhaul ini transmisi mobil kalian akan di lepas dan di turunkan dari tempatnya semula, kemudian akan dilakukan pemeriksaan secara teliti, misalnya apakah bagian flywheel kotor penuh serbuk kampas, apakah kampas kopling sudah aus, apakah flywheel cacat dan lain sebagainya.

Bila semua komponen tidak ada masalah, besar kemungkinan slip kopling diakibatkan karena kondisi antara flywheel - kampas - pegas diafragma penuh kotoran dan minta dibersihkan.

Berapa biaya Overhaul kampas kopling mobil ?

Untuk biayanya sendiri sih tergantung berapa bengkel yang mengerjakan mematok tarif. Untuk di bengkel resmi biasanya ada di rentang harga Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000 rupiah. Sedang di bengkel umum lebih murah lagi antara Rp 400.000 hingga Rp 600.000 rupiah. Guna memastikan silahkan lakukan survey dengan bertanya langsung ke bengkel yang bersangkutan mengenai tarif turun koling.

Catatan :

Diatas adalah estimasi untuk biaya jasa OH clutch mobil manual, untuk mobil matic berbeda.

Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat buat kalian yang mungkin masih bingung mengenai estimasi biaya turun kampas kopling alias OH clutch.




Subscribe to receive free email updates: