Cara Atasi Rem Tromol Motor Kurang Pakem

Advertisement
Rem tromol kurang pakem - salah satu jenis rem yang hingga saat ini masih digunakan pada beberapa model kendaraan bermotor adalah rem jenis tromol. Rem tromol ini hingga saat ini masih dipertahankan karena memiliki kelebihan berupa hasil pengereman yang lembut sehingga motor tidak akan mengalami slip di bagian roda belakangnya.

Masalah yang seringkali hinggap pada rem tromol motor ini biasanya adalah rem terasa kurang pakem saat digunakan, sehingga menjadikan kita was - was ketika berkendara. Penyebabnya pun bisa beraneka ragam dan dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah rem tromol yang kurang pakem.

atasi tromol kurang pakem



Tips atasi rem tromol kurang pakem


1. Setel pengatur kekencangan tuas rem tromol

Seiring lamanya penggunaan sepeda motor, tentu saja bagian kampas rem nya juga ikutan menipis sehingga perlu dilakukan penyetelan ulang. Silahkan kalian lakukan penyetelan dengan cara mengencangkan mur penahan pegas yang letaknya tepat di bagian tuas tromol.

2. Bersihkan sistem tromol / lakukan penggantian bila rusak

Jika rem tromol dirasa sudah tidak begitu pakem lagi meski sudah disetel kekencangannya, ada kemungkinan dibagian tromolnya sudah kotor sehingga kinerja tak lagi maksimal. Solusinya adalah dengan membongkar dan membersihkan kotoran yang menempel disana. Kalian bisa mengamplas bagian dalam drumbrake dan juga bagian kampas rem sehingga permukaan kedua bidang ini tidak lagi licin. Namun bila ternyata saat dibongkar dan diketahui kampas rem sudah aus sebaiknya dilakukan penggantian dengan part yang baru.

3. Tentukan jenis kampas rem yang sesuai

Saat hendak mengganti kampas rem lama dengan yang baru, pastikan kalian tahu mengenai jenis atau type dari kampas rem, sebab ada banyak jenis / type kampas yang tentunya memiliki kelebihan serta kekurangan masing -masing.

Sebagai contoh kampas rem jenis asbes sangat optimal digunakan di cuaca kering dan tidak membuat bagian dalam tromol cepat terkikis, namun kemampuan dari kampas rem jenis ini akan menurun ketika digunakan di musim hujan. Untuk informasi lebih jelas mengenai jenis - jenis kampas rem silahkan baca tulisan kami lainnya di : MENGENAL JENIS - JENIS KAMPAS REM


4. Perbesar diameter tromol / ganti rem cakram

Saat kita melakukan ugrade di bagian kaki - kaki seperti mengganti velg dengan spesifikasi lebih besar dan lebar ataupun mengupgrade performa mesin, kita juga perlu melakukan upgrade sistem pengeremanya. Bisa dengan jalan mengganti dengan diameter tromol yang lebih besar, atau ganti sekalian dengan rem cakram hidrolik.

Baca juga : Penyebab dan atasi rem cakram motor keras

Nah semoga informasi diaats dapat bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: