Bahaya Press Velg Motor Peyang

Advertisement
Press velg motor - seringkali kita menemukan atau bahkan mengelami velg motor model racing menjadi peyang sehingga handling motor pun menjadi buruk. Penyebab velg motor peyang ini biasanya dikarenakan roda motor menghajar lubang menganga di jalanan dengan kecepatan yang ralatif tinggi.

Bahaya Press Velg Motor Peyang


Dalam beberapa kasus bahkan velg ini bisa mengalami retak atau pecah, kalau sudah begitu tentu saja velg tadi tidak bisa digunakan lagi.

Beberapa orang ada yang merekomendasikan menggunakan jasa press velg untuk memperbaiki velg motor yang peyang sehingga kondisinya bisa dikembalikan seperti semula. Namun apakah hal ini tidak berbahaya ?

Tentu saja ada resiko dan bahayanya jika kita menggunakan velg yang semula peyang dan direkondisi dengan menggunakan mesin press. Velg yang di press tentu saja tingkat kekuatan mikrostruktur dari bahan velg tadi menjadi melemah.

Seperti yang sudah dijelaskan diawal tadi bahwa velg bisa peyang lantaran menghajar lubang di jalan dengan kecepatan tinggi sehingga terjadi benturan yang sangat amat keras, hal ini menyebabkan velg menerima tekanan berlebih diluar kekuatan si velg itu sendiri sehingga langsung peyang. Dan jika velg tersebut di press, tentu velg akan menerima dua kali tekanan yang sama sehingga molekul dari bahan velg tadi semakin melemah. Jika sampai velg ini menghajar lubang untuk yang kedua kalinya sangat beresiko velg langsung ambrol.

Selain itu velg yang sudah di press biasanya tidak bisa presisi seperti velg baru pada umumnya sehingga tetap saja mempengaruhi handling saat kita berkendara.

Bagaimana dengan velg jeruji ?

Bahaya Press Velg Motor Peyang


Berbeda dengan velg racing yang cara membuatnya adalah dengan di cetak atau di cor, bahan dasar dari velg jeruji ini adalah plat baja yang bisa dibentuk, maka tidak masalah bila sewaktu - waktu mengalami peyang bisa dilakukan press ulang.


Subscribe to receive free email updates: