Penyebab Ban Depan Motor Botak Sebelah

Advertisement
Ban depan motor botak sebelah - salah satu masalah yang biasanya terjadi pada ban sepeda motor ialah ban mengalami keausan yang tidak merata. Misalnya saja seperti ban aus hanya pada bagian dalam, ban aus hanya pada bagian sisi luarnya saja, atau yang paling bikin heran adalah ban sepeda motor aus atau botak sebelah, entah itu bagian sisi kiri saja yang botak, atau bagian sisi kanan saja yang botak, sedangkan bagian lainnya kembang ban masih terlihat tebal.

Penyebab Ban Depan Motor Botak Sebelah


Banyak faktor yang bisa menyebabkan kenapa ban motor mengalami keausan atau kebotakan yang tidak sama antara kiri dan kanan. Nah dibawah ini kami rangkumkan mengenai beberapa penyebab kenapa ban depan motor bisa botak sebelah dan solusi untuk mengatasinya.

1. Kesalahan saat menurunkan / meninggikan shockbreaker depan.

Banyak pemilik sepeda motor yang merasa motor tunggangannya terlalu tinggi sehingga mereka memilih memendekkan atau menurunkan suspensi bagian depan. Nah pada proses memendekkan shock depan ini bila antara kiri dan kanan tidak sama tingginya, tentu akan membuat posisi ban depan menjadi tidak tegak lurus alias miring ke salah satu sisi. Miringnya posisi ban depan inilah yang kemudian akan membuat tingkat keausan menjadi tidak merata alias botak sebelah.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan membongkar dan menyamakan ketinggian antara shock depan motor.

2. Segitiga motor bengkok

Pada motor yang pernah mengalami kecelakaan, bagian segitiga motor seringkali menjadi bengkok akibat benturan keras yang diterima roda depan sepeda motor. Nah imbas dari bengkoknya segitiga motor ini selain motor menjadi kurang nyaman saat dikendarai, juga bisa menyebabkan ban depan motor menjadi aus sebelah. Solusi untuk mengatasi hal ini bila kemungkinan motor pernah mengalami kecelakaan adalah dengan melakukan press segitiga di bengkel khusus yang bisa menangani masalah ini. Atau bila memiliki dana lebih bisa mengganti segitiga motor yang bengkok dengan yang baru.

3. Chassis motor bengkok / terpuntir

Masalah seperti ini juga sering terjadi pada sepeda motor yang sebelumnya pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan chassis motor jadi terpuntir. Nah imbas lain dari kondisi chassis yang terpuntir ini selain motor jadi kurang yaman dipakai, juga akan menyebabkan ban motor makan sebelah. Solusi untuk mengatasi hal ini tentunya memperbaiki chassis motor dengan cara press chassis di bengkel yang bisa menangani masalah ini.

4. Suka cornering hanya ke salah satu sisi

Terkadang ada sebagian orang yang lebih nyaman melakukan cornering ke arah kiri dibandingkan ke arah kanan, entah apa sebab pastinya yang jelas saya pun juga demikian. Saat melakukan cornering ke arah kiri terasa sangat nyaman dan aman, sedangkan untuk melakukan cornering ke arah kanan terasa takut dan, , , entahlah. Nah bagi kalian yang punya masalah seperti ini, ada kemungkinan besar ban motor akan mengalami botak sebelah.

Baca juga : 4 Kebiasaan buruk yang membuat ban motor cepat botak

Nah semoga informasi diatas dapat bermanfaat, jangan lupa dibantu share :).



Subscribe to receive free email updates: