Home » » Cutting Sticker VS Decal Sticker Bagus Mana ?

Cutting Sticker VS Decal Sticker Bagus Mana ?

Advertisement
Cutting sticker VS decal - setiap pabrikan sepeda motor tentunya memberikan sticker atau stripping yang fungsinya untuk menambah keindahan si sepeda motor, namun terkadang banyak orang yang merasa monoton dengan tampilan tersebut, sehingga banyak dari orang orang ini yang kemudian mengganti striping bawaan agar terlihat berbeda.

Mengganti stripping bawaan bisa dilakukan dengan mengecat ulang menggunakan air brush, memasangkan cutting sticker ataupun dengan decal sticker. Selain motor jadi terlihat berbeda dengan yang lainnya secara tampilan, dengan mengecat menggunakan air brush, memasangkan cutting sticker / decal ini dapat memberikan identitas terhadap si motor.

cutting sticker vs decal


Karena artikel kali ini fokus untuk memperbandingkan antara cutting sticker dan decal, maka kita kesampingkan terlebih dahulu mengenai air brush. banyak orang yang kemudian penasaran dengan yang namanya cutting sticker maupun decal sticker, serta apa saja kelebihan dan kekurangannya masing - masing, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan disimak uraian dibawah ini.

1. CUTTING STIKER

Cutting sticker adalah salah satu cara memodifikasi tampilan sepeda motor dengan menggunakan sticker yang langsung ditempelkan ke permukaan sepeda motor yang diinginkan, kemudian memotongnya sesuai dengan lekukan body motor tersebut. Untuk stickernya sendiri terdiri dari lembaran lembaran sticker satu warna saja, untuk yang menginginkan memasangkan sticker lebih dari satu warna, perlu keahlian khusus dari si pemasangnya.

contoh cutting sticker
Contoh cutting sticker


Selain diperlukan keahlian khusus, proses pemasangan cutting sticker ini juga lumayan lama hingga ber jam jam. Bahkan ada yang sampai 7 jam lamanya hanya untuk mengerjakan satu unit motor. Untuk kualitas sendiri tergantung dari bahan sticker yang digunakan, semakin berkualitas maka harga / jasa pemasangannya juga mahal. Untuk mengerjakan cutting sticker ini bisa dilakukan menggunakan mesin cutting maupun secara manual langsung pada permukaan body motor menggunakan cutter.

contoh cutting sticker
Contoh bahan untuk cutting sticker


Harga yang ditawarkan untuk cutting sticker ini paling murah mulai dari Rp 300 ribu rupiah keatas, untuk kualitas sticker yang bagus dan dengan model yang rumit biasanya dipatok hampir sama dengan harga termurah dari decal sticker.

Kesimpulan kelebihan dan kekurangan cutting sticker


Kelebihan cutting sticker


  • Warna yang tahan lama alias tidak mudah pudar, karena dari satu kertas sticker satu warna dari pabrik.
  • Kertas sticker berbahan vinyl dengan merk 3M SCOTCHCAL bisa awet hingga 5 tahun.
  • Untuk yang jenis scotchlite dan fosfor bisa mengeluarkan cahaya didalam kegelapan ( glow in the dark )
  • Sifat dari bahan cutting sticker ini yang cut contour, bisa lebih fleksibel diaplikasikan ke media apapun.
  • Harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan decal.


kekurangan cutting sticker


  • Tidak bisa digunakan untuk membuat tampilan gradasi warna, karena satu lembar kertas hanyalah satu warna. Sehingga untuk menghasilkan banyak warna, harus dilakukan penumpukan sticker.
  • Proses pengerjaan yang membutuhkan waktu yang lama serta keahlian dari si pemasangnya.


Baca juga : Daftar perlengkapan wajib biker yang harus anda miliki

2. DECAL STICKER

Decal atau yang sering disebut dengan digital printing adalah sticker yang dibuat melalui olah digital komputer, yang selanjutnya di cetak menggunakan alat printing sticker diatas kertas sticker polos ( putih ). Setelah tercetak dan dipotong, sticker ini akan langsung bisa dipasangkan ke permukaan body motor yang diinginkan tanpa harus memotong motong ulang layaknya cutting sticker. Karena sudah dipotong sesuai dengan pola gambar, maka proses pemasangannya bisa lebih cepat dibandingkan dengan cutting sticker, mungkin waktu yang dibutuhkan tidak sampai 2 jam decal sticker ini telah terpasang seutuhnya ke body motor.



Rata rata decal sticker ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan cutting sticker karena proses pengerjaannya yang membutuhkan keterampilan mengolah gambar melalui komputer, serta proses mencetaknya yang menggunakan printer khusus sticker. Untuk masalah kualitas sendiri tergantung dari bahan sticker yang digunakan, namun rata rata para pembuat decal sticker ini mengaplikasikan bahan yang berkualitas bagus mengingat mereka juga memberikan harga jual yang mahal.

Harga yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp 1.5 juta hingga ada yang lebih dari Rp 3.5 juta rupiah tergantung desain stickernya.

Kesimpulan kelebihan dan kekurangan decal sticker


Kelebihan decal sticker


  • Proses pemasangannya lebih cepat dibandingkan dengan cutting sticker.
  • Untuk mengkreasikan warna tidak perlu menumpuk sticker layaknya cutting sticker, karena pewarnaan dilakukan di komputer. Bahkan anda bisa menggunakan foto wajah anda untuk dijadikan objek gambar.


Kekurangan decal sticker


  • Harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan cutting sticker.
  • Tidak ada pilihan warna yang bisa menyala dalam gelap, diperlukan tinta khusus yang terbuat dari bahan fosfor untuk hal ini.
  • Warna cepat memudar jka tidak dilapisi oleh laminasi ataupun pernis, sebab pewarnaan dilakukan menggunakan tinta dan printer.



Dari keduanya yang perlu anda ketahui dan pahami adalah bahan dari kertas sticker yang dipakai, baik cutting sticker maupun decal jika menggunakan bahan yang sama sama berkualitas, tentu hasilnya sama baiknya. Dan juga untuk desain yang meruncing, biasanya bagian ini mudah sekali mengelupas sehingga dalam perawatannya perlu diperhatikan. Jangan mencuci ataupun mengelap di bagian ujung yang runcing karena rawan mengelupas.

Baca menarik lainnya : Cara melepas sticker agar tidak merusak cat
   
Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai cutting sticker dan decal sticker, semoga bermanfaat dan jangan lupa di bantu share artikel ini, salam otomotif.



Advertisement

Advertisement